3 Prediksi Digital Marketing Tahun 2022 yang Wajib Kamu Ketahui

Tak terasa, tinggal tiga bulan lagi kita menuju tahun 2022! Selama 2021 ini, berbagai platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, dan Youtube saling berlomba membuat inovasi guna menghadirkan ruang yang lebih luas bagi konten kreator untuk berkreasi. Masa pandemi yang serba terbatas ternyata menjadi peluang besar bagi media sosial untuk terus bertumbuh dengan fitur-fitur barunya. Kira-kira, hal baru apa yang akan muncul di tren Digital Marketing tahun depan? Yuk simak prediksi Digital Marketing berikut.

Facebook dan Instagram Fokus ke E-Commerce

Prediksi digital marketing yang pertama datang dari dua platform sosial media terbesar di dunia, yaitu Facebook dan Instagram. Instagram sudah eksis dengan fitur Instagram Shopping sejak beberapa tahun kebelakang. Nah, pada 2022 mendatang, Facebook dan Instagram akan lebih mengedepankan fitur Shopping. Beberapa di antaranya adalah membuat postingan khusus Shopping, mempermudah proses pembayaran dengan Facebook Pay, dan membuat fitur Live Shopping. Tentunya, ini jadi kesempatan emas buat kamu yang berbisnis!

Video Marketing

Prediksi Digital Marketing selanjutnya adalah strategi marketing berupa video. Tren ini juga sempat booming beberapa waktu lalu saat Instagram meluncurkan Reels di Indonesia. Banyak pengguna yang memanfaatkan fitur Reels untuk mempromosikan bisnis dan mempamerkan kreatifitas mereka. Begitu pula di tahun 2022, Digital Marketing akan mendominasi teknik pemasaran berupa video, baik itu melalui Youtube, Facebook, atau Instagram Reels. Ini karena konten video memiliki tingkat efektifitas yang tinggi dalam menaikkan engagement.

Memanfaatkan Teknologi Artificial Intelligence

Kecanggihan teknologi AI telah dimanfaatkan oleh berbagai industri dalam membantu produktivitas. Di dunia Digital Marketing, Artificial Intelligence akan diterapkan ke dalam fitur Chatbots. Fitur ini akan mempermudah customer service dalam melayani para pelanggan. Selain itu, AI juga diterapkan pada Google Ads untuk mengoptimasi campaign dengan mengidentifikasi design dan copy secara otomatis.

Itulah beberapa prediksi Digital Marketing yang kemungkinan muncul di tahun 2022. Kira-kira, fitur mana yang akan ‘booming’ di tahun depan? Kalau kamu ingin tahu update dan tips seputar digital marketing lainnya, silakan kunjungi website dan Instagram kami ya!

[super_form id=”14361″]

 

Post a Comment