Social Media Trend 2021

3 Social Media Trends 2021 Ini Dipastikan Akan Booming

Segala aspek akan terus beradaptasi mengikuti zaman, begitu juga dengan social media trends. Di tengah mewabahnya pandemi, social media trends mulai menyesuaikan meski berjalan perlahan. Dari akhir tahun 2020 ini sampai tahun mendatang nampaknya keadaan akan terus beradaptasi dan melakukan inovasi, dengan berkaca dari kapabilitas dan peluang yang ada. Jika kita melihat lebih jeli, kita akan menemukan garis besar mengenai kemungkinan social media trends 2021 yang akan digunakan terutama dalam dunia pemasaran. Berikut ini kami rangkum mengenai prediksi social media trends 2021.

Inovasi UGC (User-Generated Content)

Menggunakan UCG dalam dunia pemasaran sebenarnya telah banyak dilakukan sejak dulu, tapi dengan menggunakan platform baru seperti TikTok yang kini sedang trending dan diperkirakan akan tetap bertahan hingga tahun depan, atau fitur Instagram Reels yang mungkin akan hadir di Indonesia pada tahun mendatang  bisa jadi akan menjadi strategi marketing para digital marketer yang banyak gunakan di tahun 2021. Dengan menggunakan cara ini, maka akan menjangkau lebih banyak audiens dan engagements, sehingga hal ini akan menjadi social media trends 2021.

Video Marketing

Format video saat ini tengah digemari oleh semua kalangan, didukung dengan Youtube yang saat ini menjadi social media paling populer kedua di Indonesia menurut statcounter.com, dengan Facebook masih terus bertahan sebagai social media terpopuler di urutan pertama. Video dalam durasi pendek juga lebih digemari terutama oleh kalangan milenial sampai gen-z, karena seperti yang telah disebutkan kalau TikTok saat ini tengah menjadi social media yang trending. Bahkan Youtube pun rencananya akan membuat platform video berdurasi pendek bernama Short.

Penyampaian konten dengan gaya story telling juga akan lebih banyak digunakan. Melihat dari keadaan sekarang ini yang membuat orang-orang menjadi lebih sedikit berinteraksi dengan sesama, maka dengan menyajikan konten dalam bentuk story telling yang lebih interaktif dan ‘dekat’ dengan audiens kemungkinan akan lebih digemari khalayak. Hal ini juga berkaitan dengan poin pertama di atas. Memakai format video pendek di platform Tiktok atau bahkan Instagram, dengan tipe user-generated content dan disampaikan dengan gaya story telling kemungkinan akan menjadi social media trends 2021.

Peka Terhadap Isu Sosial

Untuk pembahasan social media trends 2021 yang terakhir, perusahaan yang peka terhadap isu sosial nampaknya akan lebih disenangi audiens. Saat ini para pengguna media sosial terutama gen-z dan gen alpha lebih peka terhadap isu-isu sosial termasuk bidang politik. Perusahaan pun harus mengarahkan citra bisnis mereka untuk mendukung aspek-aspek seperti mental illness, inklusivitas, keadilan sosial, kesetaraan gender, dan lain-lain.

Perusahaan juga bisa ikut mendukung fenomena sosial yang tengah terjadi, misalnya seperti menggabungkan kesetaraan hak asasi warga kulit gelap yang dilambangkan dengan tagar #blacklivesmatter pada waktu lalu, atau fenomena yang saat ini tengah terjadi, yaitu pandemi virus corona. Perusahaan yang kontennya mengacu pada isu-isu sosial nampaknya akan lebih disenangi para audiens, dan akan menjadi social media trends 2021. Tapi hal ini juga bisa menjadi bumerang. Ada saja orang-orang yang melek strategi marketing dan memandang suatu perusahaan hanya cari muka. Tentunya hal ini justru akan menjatuhkan citra bisnis perusahaan tersebut.

 

Kira-kira begitulah prediksi tren sosial media yang kemungkinan besar akan booming pada tahun 2021. Masih banyak social media trend lain yang juga berpotensi untuk banyak digunakan di tahun mendatang.

Jika ingin meningkatkan skill berbisnis, daftarkan dirimu segera di Online Course Digital Marketing School. Klik DI SINI untuk info lengkapnya.

Kunjungi Instagram kami di @digitalmarketingschool.id

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment