3 Tips Copywriting untuk Social Media Biar Makin Efektif

Saat ini teknik copywriting untuk social media sangat dibutuhkan dalam dunia digital marketing. Sebagaimana tujuan dari copywriting, seorang copywriter dituntut untuk bisa membuat konten tulisan yang menarik respons positif dari audiens terhadap produk maupun jasa suatu perusahaan. Namun, hal itu tidaklah cukup. Dengan banyaknya kompetitor di berbagai platform seperti social media, seorang copywriter harus tahu strategi copywriting untuk social media yang efektif.

Tentunya Anda mau konten pada social media Anda mengandung copywriting yang seefektif mungkin bukan? Yuk, simak tips berikut biar teknik copywriting untuk social media Anda semakin terasah.

Headline yang Memancing

Pada social media seperti Instagram, fitur scroll timeline membuat pengguna lebih mudah berganti dari satu postingan ke postingan lain. Menurut Brian Clark, Founder Copyblogger, kurang lebih 80% orang-orang hanya membaca headline pada tulisan. Maka dari itu, buatlah headline menarik yang bikin audiens berhenti nge-scroll. Headline yang simple tapi berbobot, ditambah konten yang relevan dengan audiens bakal lebih menarik perhatian pembaca. Cara ini sangat memengaruhi konten copywriting untuk social media Anda.

Konten Berisi Masalah

Berisi masalah? Maksud masalah di sini bukan berarti Anda membuat kesalahan, tapi permasalahan manusia secara umum seperti kebutuhan, impian, keamanan, dan lain-lain. Anda bisa memasukkan permasalahan-permasalahan tersebut ke dalam konten copywriting untuk sosial media Anda, sesuai dengan produk atau jasa yang dimiliki. Kalau Anda menjual produk berupa buah-buahan atau sayuran, Anda bisa membuat konten mengenai tips diet, atau bila Anda memiliki perusahaan asuransi, Anda bisa menyisipkan topik mengenai waspada terhadap kecelakaan yang tak terduga.

Beri Penawaran yang Mendesak

Saat diberikan penawaran, konsumen terkadang masih berpikir apakah ia akan membeli produk yang Anda tawarkan atau tidak. Menyisipkan penawaran yang mendesak dalam konten copywriting untuk social media Anda dapat membuat konsumen berpikir secara terbatas, juga mempersempit jangka waktu konsumen dalam memutuskan sesuatu. Bentuk penawarannya bisa dalam bentuk waktu maupun kuota, misalnya dengan kalimat “Berlaku hingga tanggal sekian”, atau kalimat “Hanya untuk 10 pendaftar pertama”, dan masih banyak lagi.

Itulah tiga tips buat mengefektifkan copywriting untuk social media Anda. Selain tips-tips di atas, buat juga closing yang berujung pada tindakan audiens yang Anda inginkan. Pelajari platform social media yang Anda gunakan, supaya nantinya Anda dapat memaksimalkan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Kenali juga audiens yang Anda tuju, karena setiap social media punya pengguna dengan rentang usia tertentu.

Ingin belajar lebih dalam mengenai copywriting? Daftarkan diri Anda sekarang di online course Copywriting for Social Media di Digital Marketing School. Klik DI SINI untuk mengetahui lebih lengkap seputar program.

Kunjungi instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk info terbaru seputar bisnis dan digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!
Nomor Handphone
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!
Email
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!

Post a Comment