3 Tips Jitu Memilih Influencer yang Tepat untuk Brand Awareness

Influencer Marketing jadi strategi yang cukup digandrungi oleh para pengusaha untuk menaikkan awareness brand bisnis mereka. Ini karena influencer yang memiliki banyak followers, sehingga berpeluang besar untuk memperluas branding suatu bisnis. Walaupun begitu, kamu nggak bisa sembarangan pilih influencer dengan jumlah followers besar lho. Terdapat tips jitu untuk memilih influencer supaya branding kamu berjalan secara efektif dan berdampak pada followers mereka. Ikuti tipsnya di bawah ini ya!

Engagement Rate 

Meski memiliki banyak followers, bisa jadi persentase engagement influencer rendah lho. Semakin banyak influencer berinteraksi dengan followersnya, maka semakin tinggi pula persentase engagement yang akan kamu raih. Dengan begitu, jumlah followers yang ingin memakai produk kamu pun semakin banyak. Untuk mengukur engagement rate, kamu bisa lihat melalui total likes, komentar, dan followers. Sebagai contoh, jika followersnya 1 juta, rata-rata likes 100, dan rata-rata komentar di bawah 10 per postingan, maka persentase engagement nya kurang bagus.

Sesuaikan Influencer dengan Brand

Selain engagement rate, hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah relevansi antara influencer dengan brand yang akan kamu promosikan. Misalnya, kamu ingin mempromosikan brand jaket pria, maka kamu perlu memilih influencer yang fokus di bidang pakaian, khususnya jaket. Secara otomatis, brand kamu akan dipertemukan dengan followers yang memiliki minat terhadap brand jaket. 

Akun Media Sosial yang Digunakan

Beberapa influencer menggunakan akun media sosial yang berbeda-beda, sehingga kamu perlu mengetahui media sosial apa saja yang mereka gunakan. Untuk saat ini, kebanyakan influencer menggunakan TikTok, Instagram, dan Youtube dalam mempromosikan suatu brand. Sebaiknya, pilihlah influencer yang aktif di media sosial yang sama dengan yang kamu gunakan dalam mempromosikan brand. Jadi, followers mereka akan lebih mudah menjangkau produk yang kamu jual.

Begitulah cara memilih influencer yang tepat untuk memperluas brand awareness sekaligus memperlebar peluang bisnis kamu. Jangan lupa, pilih influencer yang memiliki persentase engagement tinggi serta sesuai dengan brand dan akun media sosial yang kamu gunakan ya. Kalau kamu ingin tau tips lainnya seputar Digital Marketing, silakan kunjungi website kami di sini dan Instagram Digital Marketing School ya!

 

[super_form id=”14361″]

 

Post a Comment