3 Tips Menulis CTA yang Efektif untuk Tingkatkan Interest

Udah coba semaksimal mungkin untuk bikin Call to Action, tapi masih belum ada yang klik juga? Mungkin ada yang salah dari penulisan Call to Action kamu. Call to Action alias CTA adalah cara yang efektif untuk mendorong audiensmu melakukan hal yang kamu inginkan, misalnya beli produk, gabung jadi member, atau follow social media. Tapi kalau ajakanmu kurang ‘powerful’, mereka bisa aja nggak mau ikutin keinginanmu lho. Makanya, cobain 3 tips menulis CTA ini biar banyak yang klik!

Kembangkan Rasa ‘Urgency’

Coba bayangin kalau kamu mau beli barang di suatu website dan lihat Call to Action yang tulisannya: ‘Kesempatan Terakhir’. Pasti mau cepet-cepet beli barangnya sebelum kehabisan kan? Nah, itu dia pentingnya kembangin rasa urgency pada diri audiens dalam menulis CTA. Trik ini juga di kenal dengan nama FOMO alias Fear of Missing out, yaitu bikin audiens nggak mau ketinggalan atau kehabisan sesuatu yang mereka inginkan. Cara ini cukup populer dan ampuh buat mancing minat audiens lho.

Buat Sesingkat Mungkin

Call to Action nggak perlu di buat panjang kok, cukup 2 – 3 kata aja. Dengan catatan, penulisan Call to Actionmu harus powerful, singkat, dan to the point. Contoh CTA yang bisa kamu pakai adalah; ‘Pelajari Selengkapnya’, ‘Coba Gratis’, dan ‘Mulai Sekarang’. Secara nggak langsung, kamu membius mereka untuk ikutin apa yang kamu mau. Mereka juga pasti tergoda untuk ngeklik tombol Call to Action.

Pake Warna Kontras

Selain kata, warna pada tombol CTA juga wajib kamu perhatikan. Jangan sampai warnanya ‘nyaru’ dan menyulitkan audiens untuk lihat CTA kamu. Solusinya, pilih warna yang kontras antara font, tombol CTA, dan background website. Sisakan juga white space yang luas di sekitar CTA agar tombolnya kelihatan ‘stand out’ di bandingkan ornamen lainnya. Kamu juga boleh memperbesar ukuran CTA sampai melebihi ukuran teks deskripsi.

Kalau kamu terapin semua tips di atas, Call to Actionmu pasti banyak di lirik sama audiens dan bikin mereka nggak tahan untuk ngeklik! Selamat mencoba ya, semoga tips ini bermanfaat. Jangan lupa baca artikel lainnya di website dan follow social media kita untuk tips gratis lainnya.

Post a Comment