3 Tips Sukses Membuat Headline

Headline adalah bagian terpenting dalam sebuah copywriting yang berfungsi untuk memicu rasa penasaran banyak orang dan tertarik untuk membaca. Headline sangat penting karena menurut Copyblogger 80% audiens akan membaca headline terlebih dahulu lalu hanya sekitar 20% yang akan melanjutkan membaca artikel sampai selesai dan membuat headline yang tidak menarik akan menyebabkan kegiatan marketing kamu akan gagal.

Salah satu hal yang harus kamu ketahui yaitu jangan sampai membuat headline yang tidak relevan dengan isinya. Jangan juga membuat headline lebih dari 62 karakter karena mesin pencari akan cenderun memotong headline dan hal tersebut berdampak pada rendahnya tingkat konversi pembaca.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, melalui artikel ini kami akan memberikan 3 Tips yang ampuh untuk membuat headline agar menarik rasa penasaran para pembaca.

Menggunakan Angka dan Data yang Valid

Headline biasanya menyumbang 50% dari efektifitas sebuah postingan kamu. Beberapa studi penelitian menunjukkan bahwa headline dengan angka 73% lebih banyak menghasilkan social share dan engagement.

Menurut Writedirection.com salah satu alasan mengapa menggunakan angka sangat berfungsi di Headline karena angka seperti “brain candy”. Dengan kata lain, otak menerima angka dan akan membaca lebih cepat ketika diberikan sebuah angka-angka. Disarankan menggunakan angka ganjil pada headline karena menurut Content Marketing Institute, otak tampaknya lebih percaya angka ganjil daripada angka genap.

Note : Jika kamu menulis panduan langkah demi langkah, jangan memasukkan lebih dari sembilan langkah karena otak manusia biasanya mengalami kesulitan untuk memproses lebih dari angka 9.

Berikan Rationale Yang Kuat

Tanpa kita sadari banyak orang yang membuat headline dengan istilah-istilah yang sulit dimengerti, sedangkan pembaca sudah terlanjur tidak tertarik dengan hal semacam itu. Yang membuat mereka tertarik adalah apa yang mereka dapatkan ketika selesai membaca tulisan yang kamu buat? Itu poin pentingnya!

Untuk itu, gunakanlah kosakata yang tepat dalam sebuah headline. Kamu dapat gunakan kata-kata seperti:

  1. Tips
  2. Alasan
  3. Trik
  4. Ide
  5. Cara
  6. Fakta
  7. Rahasia
  8. Strategi

Berikut contohnya

  • 5 Tips Memulai Bisnis Dropshop
  • 3 Strategi Digital Marketing di 2020
  • 8 Fakta Tentang Content Marketing yang Kamu Tidak Tahu
  • Dan masih banyak lagi contoh headline lainnya..

Call for Attention

Seperti yang kita ketahui, membuat headline bertujuan untuk menarik perhatian audiens. Maka dari itu setiap headline haruslah menyita perhatian dan penasaran audiens. Namun perlu kamu ingat bahwa pembaca adalah seorang manusia untuk itu kamu harus bersaing untuk mendapatkan perhatian mereka. Menurut Statistica, rentan perhatian seseorang adalah 8,25 detik.

Jika kamu merupakan seorang pemilik bisnis kecil, salah satu untuk mendapat perhatian audiens adalah libatkan mereka dengan konten hebat yang kamu buat. Konten hebat tentunya dimulai dari headline yang menyita perhatian audiens. Hal ini bisa juga jadi strategi kamu untuk melakukan branding.

Sebenarnya ada banyak lagi ilmu copywriting yang bisa kamu pelajari untuk menambah skill copywriting-mu. Untuk mendapatkan ilmunya kamu bisa mendaftarkan diri di Live Online Learning Copywriting for Social Media Digital Marketing School dengan klik ini : Copywriting for Social Media

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment