3 Trend Skill dan Pekerjaan Bidang Digital Marketing yang Wajib Kamu Ketahui

Saat ini, pelanggan mulai beralih ke dunia digital dalam mencari informasi dan berbelanja. Secara otomatis, tenaga ahli bidang digital pun sedang banyak di cari oleh perusahaan guna meningkatkan branding dan memperluas awareness. Tingginya minat bidang digital marketing tak hanya berkembang di Indonesia saja, melainkan hampir di seluruh penjuru dunia. Nah, kira-kira seperti apa trend skill dan pekerjaan di bidang digital marketing yang akan terjadi di tahun ini? Yuk baca sampai habis!

Pekerjaan Hybrid dan Remote Mulai Diminati

Semenjak pandemi, banyak perusahaan yang mulai terbiasa dengan sistem WFH, begitu pula dengan karyawannya. Berkat itulah, para karyawan merasa nyaman dengan pekerjaan hybrid dan remote karena mereka bisa bekerja dari mana saja dengan waktu yang fleksibel. Tahun 2022 akan menjadi tahun ‘emas’ bagi pekerjaan hybrid dan remote di bidang digital marketing. Selain memudahkan karyawan, sistem kerja seperti ini memungkinkan mereka dalam mengasah skill lebih dalam guna meningkatkan kemampuan dalam bekerja.

Freelance Digital Marketer Merajalela

Trend skill dan pekerjaan yang di prediksi akan muncul di tahun ini adalah meningkatknya minat freelance digital marketer. Para digital marketer juga turut berkontribusi dalam menggerakan roda ekonomi, salah satunya ekonomi negara Adidaya, USA. Berdasarkan survey Upwork’s 2021 Freelance Forward, freelancer berkontribusi sebanyak $1.3 triliun terhadap ekonomi di USA.

Selain itu, survey Upwork juga membuktikan bahwa 20% dari 10 juta orang mulai beralih dari pekerjaan penuh waktu ke paruh waktu alias freelance.

Persaingan antar Digital Marketer Semakin Ketat

Semakin banyak peminat digital marketer, tentunya persaingan pun semakin ketat, baik itu dari segi soft skill dan hard skill. Pada Maret 2022, Perpetual Evolution mengadakan riset mengenai masa depan dunia marketing dan talentanya pada 5 tahun kedepan. Hasilnya, terdapat beberapa soft skill penting yang akan dibutuhkan; dan soft skill urutan 5 teratas adalah teknologi, kreativitas, kemampuan analisis, marketing, dan adaptasi. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan sejumlah hard skill yang akan menunjang pekerjaan digital marketer, yaitu pencarian berbayar, sosial media, analitik, optimasi website, dan content marketing. 

Itulah 3 trend skill dan pekerjaan di bidang digital marketing yang perlu kamu tau dan punya. Bagi kamu yang berminat dalam mengasah skill di bidang digital marketing, bisa ikut program sertifikasi Digital Marketing dari Digital Marketing School lho! Di sini, kamu akan belajar berbagai ilmu digital marketing, mulai dari optimasi landing page hingga ads. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari BNSP yang sudah di akui negara. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website atau follow sosial media kami ya!

 

Post a Comment