4 Jenis Iklan Tiktok yang Layak Dimanfaatkan untuk Promosi
Media iklan semakin berkembang setiap zamannya. Jika dulu para pengusaha lebih sering beriklan di media cetak seperti koran, majalah, dan baliho, sekarang mereka mulai beralih ke iklan digital. Mungkin saat kamu berselancar di sosial media, kamu lebih sering lihat iklan dari Instagram, Facebook, dan Google. Nah, ternyata Tiktok nggak mau kalah untuk jadi tempat beriklan juga! Ada empat jenis iklan Tiktok yang sama bagusnya dengan platform sosial media lain. Yuk simak selengkapnya di bawah.
In-Feed Video
Buat kamu yang doyan scrolling Tiktok, pasti udah nggak asing sama jenis iklan yang satu ini. Iklan jenis In-Feed Video beredar di For Your Page (FYP) pengguna yang sang pengiklan bidik. Keuntungan dari jenis iklan Tiktok ini adalah para pengguna bisa berkomentar di postingan iklan tersebut; si pengiklan pun bisa langsung membalasnya. Jadi, iklan In-Feed Video akan memudahkan pengiklan dengan pengguna untuk saling berinteraksi.
Brand Takeover
Berbeda dengan jenis iklan In-Feed Video yang muncul di FYP. Jenis iklan Tiktok ini akan mengambil alih seluruh layar pengguna di detik pertama saat mereka membuka aplikasi. Jadi, iklan tersebut akan menjadi video yang pertama kali si pengguna tonton. Pengguna bisa mengabaikan iklan tersebut dengan swipe layar ke atas. Tapi tenang aja; setelah mereka swipe, iklan tersebut akan berubah menjadi In-Feed video ads dan bisa di temukan lagi di FYP.
Hashtag
Pernahkah kamu lihat hashtag dengan ikon jempol biru di Tiktok? Nah, itu adalah contoh iklan jenis Hashtag. Biasanya, jenis iklan ini berisi challenge yang si pengiklan tantang untuk para pengguna Tiktok. Tanpa sadar, setiap pengguna Tiktok yang ikut challenge tersebut turut mempromosikan brand yang sedang di iklankan. Iklan ini akan muncul di halaman Discovery Tiktok.
Branded Augmented Reality (AR)
Terakhir, jenis iklan yang nggak kalah kerennya adalah Branded AR. Jenis iklan Tiktok ini memanfaatkan filter atau sticker yang di sediakan oleh Tiktok, atau bisa saja si pengiklan yang membuat filter atau stickernya. Filter ini bisa di gunakan oleh pengguna Tiktok secara gratis. Setiap filter yang mereka pakai merupakan bentuk promosi yang sangat menguntungkan si pengiklan untuk menyebarkan awareness ke pengguna lain.
Itu dia empat jenis iklan Tiktok yang layak di coba untuk mempromosikan suatu bisnis. Perlu di ingat juga bahwa Tiktok saat ini sedang banyak di gunakan oleh pengguna dari berbagai kalangan, sehingga jadi wadah yang tepat untuk gencar beriklan.
Tertarik memperdalam Tiktok dan serius mau terjun di dunia Tiktok? Tambah dulu skill kamu lewat program โOptimasi Tiktok untuk Bisnisโ dari Digital Marketing School yuk! Di program ini, kita akan kupas tuntas semua aspek yang ada di Tiktok sekaligus praktek langsung juga. Pastinya bikin kamu jago main Tiktok dalam waktu yang singkat. Jika berminat, silakan daftarkan dirimu lewat website atau Instagram kami ya!