Karakter Pembeli

4 Karakter Pembeli yang Wajib Diketahui

Setiap customer memiliki karakteristik yang berbeda-beda, kita selaku pemilik bisnis harus bisa memahami setiap karakter tersebut. Mengapa begitu? Karena dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat memberikan tanggapan yang baik dan tepat untuk customer tersebut. Jika kita sudah menguasai karakter dari customer, maka hal tersebut dapat menjadi acuan untuk kita memberikan suatu penawaran dengan cara yang berbeda kepada setiap karakter. Sebagai contoh, ada customer yang ingin membeli baju dengan memperhatikan jahitan pada baju tersebut, ada pula yang memperhatikan bahan dari baju tersebut. Itulah yang disebut dengan perilaku customer. Dari contoh tersebut Anda bisa menentukan cara apa yang Anda pilih sebagai pendekatan kepada customer. Apa saja 4 Karakter Pembeli yang Wajib Diketahui? Mari simak penejelasan dibawah ini.

 

Customer yang memilih berdasarkan kebutuhan

Karakter Pembeli yang Wajib Diketahui pertama adalah customer yang memilih bedasarkan kebutuhan. Perilaku customer yang seperti ini merupakan jenis yang paling rasional. Customer tersebut akan lebih mempertimbangkan sesuai dengan aspek kebutuhannya. Perilaku seperti ini yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku bisnis agar mementingkan kebutuhan customer dapat terpenuhi dengan barang/jasa yang Anda punya.

Customer yang mementingkan kualitas

Memilih produk berdasarkan kualitas adalah salah satu ciri-ciri dari pada customer. Tipe seperti ini yang dapat menyadarkan kita sebagai pelaku bisnis agar dapat meningkatkan kualitas produk/jasa yang Anda tawarkan. Meningkatkan kualitas produk atau jasa yang kita miliki menjadi salah satu kewajiban sehingga kita dapat memenangkan persaingan pada saat banding kualitas dengan kompetitor.

Customer yang mengutamakan merk/branded

Merk/branded ini selain mempermudah customer mencari barang yang mereka inginkan, secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa produk/jasa tersebut memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan harapan customer tersebut.

Customer yang memilih harga

Customer ini memang harus memperhitungkan seberapa besar manfaat yang akan diperoleh jika membeli sesuatu. Namun, tipe hemat cenderung berlebihan. Mereka sangat detail dan tidak akan melewatkan satupun perhitungannya. Cara Anda untuk menghadapi customer seperti ini yaitu berikan pengetahuan tentang manfaat dan fungsi produk, bahkan sekecil apapun itu.

 Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa untuk semua jenis customer yang terpenting adalah menjaga kualitas produk atau jasa yang kita miliki agar customer tidak kecewa pada saat menggunakannya. Setelah hal tersebut telah dilaksanakan, barulah Anda memikirkan strategi yang tepat untuk menangani berbagai macam karakteristik customer yang sudah disebutkan diatas. 

Ingin performa bisnis jadi lebih baik? Ikuti Online Course Digital Marketing School dengan mengunjungi www.digitalmarketingschool.id atau melalui WhatsApp, klik di sini

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

 

Post a Comment