4 Langkah Mengukur Efektivitas Konten agar Berjalan secara Maksimal
Sebagai content creator, mungkin kamu pernah merasa kesulitan dalam menentukan kualitas konten agar rencana yang telah kamu buat di sukai oleh audiens. Langkah paling tepat untuk mengukur sebuah efektivitas adalah kuantitas konten, misalnya dengan menetapkan checkpoint berupa angka yang akan di capai. Dengan angka, kamu dapat memproses konten secara maksimal dan mengulang proses tersebut di kemudian hari. Kira-kira, langkah apa saja yang perlu di tempuh untuk menciptakan efektivitas konten? Simak caranya di bawah ini.
Tentukan Skor
Langkah pertama dalam mengukur efektivitas konten adalah menetapkan skor. Skor di tahap ini bertindak sebagai pondasi agar kamu dapat mencapai skor yang lebih tinggi lagi. Skor yang bisa kamu jadikan acuan adalah jumlah likes, reach, dan followers mingguan. Untuk skor konten, kamu dapat melihatnya melalui konten yang memiliki engagement tertinggi, atau berdampak besar terhadap followers.ย
Coba Buat Campaign
Setelah menentukan konten mana yang mendapatkan skor tinggi, langkah selanjutnya adalah menjalankan campaign menggunakan jenis konten tersebut. Misalnya, skor konten tertinggi yang kamu dapatkan adalah konten meme. Maka, buatlah campaign dengan memanfaatkan meme agar lebih di sukai oleh audiens. Konten yang di sukai audiens tentu lebih berpotensi mendapatkan banyak likes, comment, share, dan click. Konten pun akan semakin mudah menyebar ke area yang lebih luas.
Pantau Performa Konten
Setelah konten di unggah atau campaign selesai berjalan, mulai ukur performanya. Sebagai contoh, kamu telah menargetkan sebuah konten akan mendapatkan 100 likes, 50 comments, 150 saves, dan 40 followers. Periksalah insight konten tersebut, apakah kamu benar-benar telah melampaui target atau malah di bawah target. Jika kamu berhasil mencapainya, tandanya audiens senang dengan konten tersebut, dan kamu bisa mempertahankankannya.
Evaluasi dan Ulangi
Tahap ini tergantung pada keberhasilan konten yang sudah kamu buat. Apabila ternyata konten tersebut tidak melampaui target, buatlah evaluasi dan perbaikan untuk konten selanjutnya. Hal ini bisa saja terjadi kalau kamu membuat target skor yang terlalu tinggi, sehingga hasilnya tidak realistis. Lalu, bila hasilnya memuaskan, buatlah target skor yang lebih tinggi lagi dan coba ulangi prosesnya.
Itulah empat langkah untuk mengukur efektivitas konten agar konten buatanmu bisa melampaui target dan terus berkembang dari waktu ke waktu. Masih banyak langkah krusial lainnya yang perlu di ikuti bagi kamu yang ingin menjadi Social Media Specialist andal. Jika kamu ingin belajar lebih banyak tentang Social Media, Digital Marketing School menjadi wadah yang tepat!
Di sini, kamu akan di bimbing oleh mentor yang sudah berpengalaman di dunia sosial media. Kamu juga akan mendapatkan beragam praktik yang sesuai dengan case di lapangan agar skill social mediamu makin melejit!ย
Tertarik ikut program Social Media? Silakan kunjungi website kami atau hubungi admin sosial media untuk pendaftaran ya.