4 Tips Market Research di Social Media agar Konten Disukai Audiens

Apa Kamu tahu kalau social media bisa dijadikan tempat untuk riset pasar alias market research? Di dalam social media ada banyak hal-hal penting yang bisa dijadikan wawasan baru. Wawasan baru yang dimaksud adalah opini, baik itu pujian atau kritik jujur audiens mengenai brand yang disukainya.

Kalau Kamu ingin tahu seperti apa pendapat jujur dari pelangganmu, nggak ada salahnya untuk melakukan market research di social media

Tapi sebelum itu, ada beberapa tips yang bisa Kamu lakukan sebelum melakukan market research di social media. Apa saja itu? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Menargetkan Sasaran

Tips yang pertama adalah mentargetkan sasaran Kamu. Tentukan dulu siapa atau kelompok mana yang Kamu targetkan dalam melakukan riset. Tujuannya adalah untuk mendapatkan data yang lebih valid.

Kamu bisa menentukannya dari melihat data apa yang Kamu perlukan  Apakah Kamu sedang mengembangkan produk, peluncuran produk, atau Kamu perlu mendapatkan infomasi mengenai kepuasaan pelanggan atas layanan yang Kamu berikan.

Menggunakan Metode yang Tepat

Tips yang kedua, tentukan dan gunakan metode yang tepat. Di dalam social media ada fitur yang memungkinkan Kamu untuk melakukan 3 pendekatan kualitatif maupun kuantitatif. 

Jumlah likes, komentar dan share adalah data kuantitatif yang bisa menjadi metrik untuk meilai tingkat keterlibatan konsumen Kamu. Sedangkan untuk kualitatif, Kamu bisa melakukan social listening atau menginterpretasikan sendiri berdasarkan topik dan riset yang sudah pernah dilakukan. 

Pilih Platform Social Media yang Tepat

Tips yang ketiga adalah memilih social media yang tepat. Ini adalah hal penting karena setiap social media memiliki demografi pengguna dan perilaku yang berbeda. Kamu harus bisa memilih social media yang relevan dengan produk Kamu.

Memaksimalkan Fitur di Social Media

Tips keempat adalah Kamu harus memaksimalkan fitur yang ada di dalam social media. Kamu harus menentukan konten apa yang cocok untuk audiens Kamu. 

Kamu harus bisa menciptakan konten yang bisa menarik audiens. Jika kamu merasa kesulitan ngga ada salahnya untuk bertanya ada audiens Kamu tentang topik atau konten sosial apa yang ingin mereka lihat dari brand Kamu di masa mendatang.

Kalau Kamu mau belajar lebih lanjut tentang market research, kamu bisa ikutan kelasnya di sertifikasi Social Media lho. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami lewat website atau DM Instagram ya.

Post a Comment