5 Cara Optimasi SEO di TikTok

5 Cara Optimasi SEO di TikTok

Hey, kamu tahu gak kalo di TikTok ada SEO juga, loh! Sama kaya media sosial lainnya, TikTok juga punya mesin pencariannya sendiri. Nah, di sinilah kamu bisa mengoptimasikan SEO TikTok biar konten video kamu viral.

Kalau ngomong soal SEO kamu pasti mikirnya ini buat artikel, kan? Sekarang SEO juga bisa dipakai di TikTok. Kalau kamu cari keyword di mesin pencarian TikTok, pasti akan muncul konten-konten video yang sesuai sama keyword yang kamu masukin.

Kebanyakan Gen Z sekarang lebih sering cari sesuatu lewat mesin pencarian TikTok dari pada Google. Nah karena itu TikTok kalau kamu mau konten video kamu viral, kamu harus tahu dulu gimana cara ngeoptimasiin SEO di TikTok. Baca artikel ini samapi habis, ya!

1. Research audiens

Sebelum kamu bikin konten, kamu harus cari tahu dulu topik apa dan konten yang kaya gimana yang disukain sama target audiens kamu. Nah, dari sini kamu baru bisa buat konten video yang sesuai sama target audiens

2. Pakai keyword di dalam video seo

Untuk mengoptimalkan SEO TikTok kamu harus memasukan keyword kedalam video kamu. Pastiin kamu munculin keyword di 3 detik pertama video biar orang mau terus nonton. Semakin banyak keyword disebutkan di dalam video, TikTok bakal mendeteksi kalau video kamu relevan sama keyword itu.

Kamu juga bisa masukin keyword ke subtitle dan juga thumbnail video kamu biar orang yang lagi nyari informasi tentang keyword itu bisa klik video kamu.

3. Pakai keyword di caption

Sama kaya mesin pencarian lain kaya Google atau Safari, TikTok juga bisa cari konten berdasarkan keyword. Jadi kamu harus masukin keyword ke dalam caption atau hashtag biar konten kamu bisa lebih mudah dicari sama TikTok.

Selain masukin keyword, kamu juga bisa masukin beberapa keyword lain yang relevan sama konten video kamu.

4. Evaluasi konten sebelumnya

Evaluasi konten yang pernah kamu buat sebelumnya. Dari evaluasi ini kamu bisa menganalisia alasan kenapa video itu punya engagment tinggi atau rendah. Apa itu karena isi konten videonya, captionnya, atau hashtag yang digunakan sudah sesuai atau belum dengan strategi SEO TikTok.

5. Buat konten yang menarik dan berkualitas

Ini nih yang paling penting. Kamu harus bisa buat konten yang menarik dan berkualitas. Jangan cuma ngandelin SEO, tapi kmau juga harus punya kmeuan buat nyajiin konten yang menarik dan berkualitas biar banyak orang yang tonton.


Nah, itu dia 5 cara yang bisa kamu coba buat optimasi SEO di TikTok. Kalo kamu yang masih bingung doal urusan social media marketing dan digital marketing, Digital Marketing School solusinya! Disini kamu bisa ikut kelas-kelas yang buat meningkatkan pengetahuanmu tentang social media dan digital marketing. Daftar sekarang juga, ya!

Post a Comment