5 Cara Sertifikasi untuk Kerja di Digital Marketing
Kerja digital marketing sedang banyak digandrungi. Untuk itu, sebaiknya Anda mempersiapkan diri Anda sehingga Anda bisa dengan mudah lolos untuk bekerja di pemasaran digital.
Adapun beberapa cara agar Anda dapat bekerja di bagian tersebut, salah satu caranya dengan sertifikasi digital marketing. Sertifikasi ini akan menambah kemampuan Anda dan bisa meyakinkan perusahaan bahwa Anda siap bekerja di pemasaran digital.
Macam-Macam Sertifikasi Pemasaran Digital yang Bisa Anda Dapatkan
Pada dasarnya sertifikasi adalah salah satu bukti bahwa Anda sudah mengusai sebuah topik. Apapun topiknya, jika Anda memiliki sertifikat maka Anda sudah mampu untuk memahami topik tersebut. Anda bisa mengambil sertifikasi ini agar CV Anda menjadi lebih meyakinkan. Berikut ini sertifikasi yang bisa Anda coba.
1. Google Ads Certification
Pertama, Sertifikasi Google Ads. Sertifikasi ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang sekalipun.Sertifikasi ini akan memberikan kursus berupa bagaimana cara penggunaan Google Ads yang baik dan benar.
Selain itu akan ada ujiannya sehingga nanti Anda bisa mendapatkan sertifikat. Kursus nya pun banyak seperti cara membuat kampanye, mengukur metrik pada iklan, dan lainnya.
2. Google Analytics Individual Qualification
Jika Anda masih terlalu awam dengan digital marketing, sebaiknya Anda mengambil kursus ini terlebih dahulu sebelum mengambil Google Ads certification. Pada dasarnya sertifikasi ini akan mengajarkan bagaimana cara membaca Google analytics. Pada Google analytics Anda akan mempelajari berkaitan dengan pemasaran digital.
Pada sertifikasi yang satu ini, Anda akan diberikan pilihan untuk belajar sebagai pemula atau advance. Anda bisa mendapatkan kursus dan sertifikasi ini secara gratis. Pastinya jika Anda ingin mendapatkan sertifikasi ini, maka Anda harus mengambil ujiannya juga.
3. Facebook Certified Planning Professional
Seperti tujuannya, sertifikasi ini adalah kursus untuk mempelajari pemasaran digital di Facebook. Nah, sertifikasi ini akan membahas tentang bagaimana cara menggunakan iklan di Facebook. Hal yang Anda pelajari mulai dari membuat hingga mengeksekusi iklan di Facebook.
Untuk harga yang harus Anda bayar adalah sekitar $150 untuk jangka waktu setahu. Pastinya jika Anda membayar kursus ini pasti sudah sangat terakreditasi langsung oleh Facebook. Jika Anda tertarik bisa langsung saja untuk mencari sertifikasi yang dikeluarkan oleh Facebook ini.
4. Sertifikasi Pemasaran Digital dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi
Selanjutnya Anda bisa juga mendapatkan sertifikasi pemasaran digital dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Badan ini merupakan lembaga nasional yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan sertifikat profesi apapun.
Sertifikasi ini bisa Anda dapatkan apabila mengikuti kursus setelah lulus SMA atau Anda sudah bekerja di dunia pemasaran secara digital selama satu tahun. Jika Anda ingin mendapatkannya Anda akan dikenakan biaya sekitar 1 juta rupiah untuk masa berlaku selama 3 tahun.
5. HubSpot Content Marketing Certification
Jika Anda masih ingin sertifikasi yang gratis, maka Anda bisa mencoba HubSpot Content Marketing Certification. Sertifikasi ini memiliki fokus untuk Anda yang sangat menyukai pemasaran digital di bagian content marketing.
Pada kursus ada tips dan trik yang menarik sehingga Anda tidak akan bosan dengan materinya. Anda juga mendapatkannya secara gratis sehingga membuat Anda menjadi lebih nyaman lagi dalam mendapatkan sertifikat dari HubSpot.
Itu dia cara-cara sertifikasi yang menunjang pekerjaan Anda di dunia digital marketing. Anda juga bisa mengikut seminar atau workshop yang berkaitan dengan pemasaran digital seperti program Sertifikasi Digital Marketing dari Digital Marketing School yang bekerjasama dengan BNSP.
Kunjungi website atau Instagram kami untuk detail info program lebih lanjut.