5 Elemen Brand Equity untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Kamu pernah merasa pesimis sama brand-mu? Kenalan sama brand equity yuk! Brand Equity adalah suatu hal yang membuat brand Kamu menjadi lebih unggul dari kompetitor. Lebih dalamnya adalah nilai lebih yang brand Kamu dapatkan akibat brand Kamu mudah dikenali dan berkesan daripada merek kompetitor.
Brand Equity ini memiliki roadmap atau tahapannya. Ada 5 elemen di dalam brand equity yang bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Apa saja elemennya itu? Simak artikel ini ya!
Brand Awareness
Elemen Brand Equity yang pertama adalah brand awareness. Di sini Kamu harus memperkenalkan brand-mu kepada konsumen. Buatlah konsumen menjadi familiar akan produk yang kamu tawarkan, sehingga mereka mudah mengingatnya. Kamu bisa menggunakan cara free trial, influencer marketing, ataupun strategi marketing lainnya.
Brand Identity
Elemen Brand Equity yang kedua adalah brand identity. Brand identity adalah kumpulan elemen-elemen yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya. Objek ini bisa berupa nama produk, logo, konsep, atau emosi yang berhubungan dengan pengalaman konsumen ketika berinteraksi dengan produk tersebut.
Intinya, merek itu sangatlah penting. Kamu harus bisa mendesain merek dan logomu semenarik mungkin agar dapat diingat dengan mudah oleh para konsumen sejak pengalaman interaksi pertama.
Perceived Quality
Elemen Brand Equity yang ketiga adalah perceived quality atau kesan konsumen terhadap suatu produk. Kamu harus bisa mendapatkan kesan positif agar brand equity Kamu menjadi bagus. Kamu bisa melakukan customer experience untuk mendapatkan kesan yang positif dari konsumen.
Brand Loyalty
Elemen Brand Equity yang keempat adalah brand loyalty. Brand loyalty adalah kemampuan sebuah brand untuk menjaga konsumennya agar terus memercayai dan melakukan pembelian dari brand tersebut.
Brand loyalty dan brand equity adalah dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Loyalitas konsumen akan membawa mereka kepada brand equity yang baik juga. Hasilnya konsumer nggak akan mudah kabur ke brand lain.
Brand Association
Elemen Brand Equity yang kelima adalah brand association. Brand association adalah kesan yang melekat dalam benak konsumen mendengar nama sebuah produk. Contohnya ketika masyarakat mendengar kata Xiaomi, maka yang ada dibenak mereka adalah harga yang terjangkau.
Itu dia 5 elemen yang bisa Kamu pelajari untuk meningkatkan loyalitas pelanggan Kamu. Dengan Kamu memiliki brand equity, Kamu bisa menyalip kesuksesan brand kompetitor lho!
Kalau kamu yang tertarik dengan dunia Digital Marketing dan ingin belajar lebih jauh tentang Digital Marketing kamu bisa ikutan kelasnya di Digital Marketing School lho! Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website atau hubungi admin via social media kami ya.