5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengadakan Giveaway

Ada banyak cara untuk keep in touch dengan followers, salah satunya adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway ini sebagai bentuk kejutan untuk followermu sekaligus menarik pengguna Instagram lainnya untuk mengunjungi profil Instagram bisnis kamu. Sederhananya, Instagram giveaway memungkinkan kamu untuk menawarkan sesuatu secara gratis dengan imbalan seperti komentar, repost, share atau persyaratan lain yang kamu bisa tentukan sendiri. Lalu, Bagaimana caranya? Yuk simak sampai akhir.

 

Tentukan Hadiah yang Relevan

Pastikan hadiah yang kamu pilih adalah sesuatu yang menarik yang memang target marketmu butuhkan dan relevan dengan bisnismu. Misalkan saja: kalian giveaway kan kalender 2020 yang ada ilustrasi lucu. Kemungkinan orang join sangat sedikit karena sekarang sudah bulan Juni 2020 dan tidak ada orang yang butuh kalender di pertengahan tahun. Lain halnya kalau kalian memberikan giveaway yang bendanya bisa bermanfaat bagi para followers. Misalkan saja kalian menjual kosmetik, adakan saja giveaway kosmetik. Hadiah tidak perlu yang terlalu mewah ataupun banyak, yang penting bermanfaat.

 

Jabarkan Rules Dengan Jelas, Singkat, dan Padat

Masih berhubungan dengan poin pertama, kalau kamu menyediakan hadiah yang bernilai tinggi; tentu kamu ingin peserta mengeluarkan effort yang lebih untuk memenangkannya. Tapi jika hadiah kalian tidak terlalu bernilai tinggi, sebaiknya tidak membuat giveaway dengan peraturan yang terlalu sulit. Cara berpartisipasi yang cukup aman dan pada umumnya dilakukan adalah: Follow akun, like, comment dan tag teman (boleh beberapa teman).

 

Tentukan Cara Berpartisipasi

Tipe-tipe Kontes Instagram & Cara Berpartisipasi:

Like to win: Peserta harus like Instagram Post untuk ikut

Comment to win: Peserta harus komen Instagram Post untuk berpartisipasi

Mention / tag to win: Peserta harus mention teman di Instagram Post untuk berpartisipasi

Photo Challenge: Peserta harus posting sebuah foto dengan hashtag tertentu

Repost to Win: Peserta harus repost foto giveaway di Instagram dengan hashtag tertentu.

 

Promosi Giveaway

Kalau akun kalian tidak memiliki followers yang banyak, sebaiknya promosikan giveaway kalian lintas platform agar semakin banyak orang yang mengetahui giveaway kalian dan mau join. Misal: promosi ke sosial media lain, website, blog, Instagram Story, email newsletter dan in-store signage (kalau kalian punya toko offline).

 

Hashtag

Sama seperti dengan postingan Instagram biasa, kamu harus berhati hati dalam memilih hashtag. Jangan memakai hashtag yang tidak relevan saat menjalankan giveaway. Menggunakan hashtag seperti #giveaway atau #contest adalah ide yang buruk, karena ini akan menarik orang-orang mengikuti giveaway apapun yang mereka temukan yang mana orang-orang ini bukan target pasar kamu dan mungkin tidak akan bertahan lama.

 

Banyak sekali yang harus kamu perhatikan sebelum membuat giveaway. Kamu bisa ikuti beberapa penjelasan di atas.

Bergelut pada dunia bisnis digital mengharuskan kamu untuk mengerti bagaimana cara berpromosi dengan tepat. Mau tau caranya? Ikuti Online Course Digital Marketing School dengan mengunjungi www.digitalmarketingschool.id atau klik WhatsApp disini.

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment