5 Step Simple Menyusun Strategi Sosial Media untuk Pemula
Buat kamu yang punya bisnis offline dan ingin memasarkannya ke sosial media, mungkin pernah ngerasa bingung harus mulai dari mana, dan apa aja step yang harus di lakukan. Sementara itu, menyusun strategi sosial media merupakan tahap yang penting agar kamu bisa berhasil menjangkau audiens yang lebih luas. Nah, supaya usahamu dalam memasarkan bisnis online nggak sia-sia, ikuti dulu step simple yang sudah kami susun ini ya!
Tentukan Tujuan Pembuatan Sosial Media
Sebelum benar-benar bikin akun sosial media, pastikan kamu udah tau apa tujuanmu dalam bikin sosial media; apakah untuk brand awareness, memperluas pasar, menjangkau target market, dan lainnya. Setelah itu, baru kamu tentukan channel mana yang akan di pilih dengan menyesuaikan tujuannya. Contohnya Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dan Twitter.
Kenali Audiens
Setelah menentukan tujuannya, mulai kenali siapa audiensmu. Misalnya, produkmu adalah jam tangan wanita dengan model yang kekinian. Maka, kamu bisa membidik anak perempuan milenial dengan kisaran usia 18 – 25 tahun. Dengan mengenali audiens, kamu bisa lebih mudah menyesuaikan konten dan mencapai target yang kamu tuju.
Analisis Kompetitor
Tahapan dalam menyusun strategi sosial media yang selanjutnya adalah analisis kompetitor. Cari dan perhatikan aktivitas kompetitormu di sosial media. Apakah mereka menjalankan iklan di sosmed, mengadakan giveaway, atau hanya fokus membuat konten dalam menjual produk mereka. Selain itu, kamu juga bisa pantau pertumbuhan akun sosmed mereka lewat tools Instagram, contohnya SocialBlade dan Just Analytics.
Buat Perencanaan Konten
Selanjutnya, tentukan konten apa saja yang cocok di aplikasikan ke sosial media kamu. Misalnya kalau kamu membidik audiens generasi milenial, kamu bisa buat konten tips dengan menyangkut-pautkan produk yang kamu jual. Lalu, buatlah copywriting dengan bahasa yang friendly, gaul, dan santai agar anak mereka merasa nyaman berinteraksi sama kamu. Untuk stok konten, kamu bisa buat perencanaan satu minggu supaya nggak mendadak.
Analisis Hasil Posting
Langkah menyusun strategi sosial media yang terakhir adalah menganalisis hasil posting. Dari semua konten yang sudah di buat, mana saja yang mendapatkan engagement paling bagus dan paling rendah, serta iklan mana saja yang berhasil menggaet perhatian audiens. Tahapan ini penting untuk mengukur efektivitas sosial media, sehingga kamu bisa membuat evaluasi dan inovasi di konten selanjutnya.
Itulah 5 langkah menyusun strategi sosial media buat kamu yang baru saja terjun di dunia sosmed. Mulai dari langkah pertama sampai terakhir secara konsisten agar akun sosial mediamu bisa bertumbuh dan terjangkau oleh banyak orang ya!
Jangan lupa follow sosial media dan kunjungi website Digital Marketing School untuk informasi menarik seputar Digital Marketing lainnya ya!
[super_form id=”14361″]