5 Strategi Email Marketing Efektif di Tahun 2020
Dalam berbisnis, tak lepas dari pemasaran produk/jasa. Yang mungkin sangat terkenal diantara kita adalah pemasaran melalui Instagram atau Facebook. Tapi pernahkan kamu berpikir untuk memanfaatkan email marketing sebagai sarana pemasaran? Walaupun terdengar kuno, tapi masih banyak perusahaan dan pebisnis saat ini yang menggunakan email sebagai sarana pemasaran bisnis mereka. Menurut Experian, untuk setiap $1 yang dihabiskan untuk pemasaran email, $ 44,25 adalah pengembalian investasi rata-rata, hasilnya sangat maksimal untuk sebuah email marketing. Mungkin kamu belum terlalu mengerti bagaimana cara memaksimalkan email marketing agar pembaca emailmu langsung bertindak. Tenang, di kesempatan kali ini kami akan memberikan 5 strategi email marketing yang paling efektif di tahun 2020. Simak artikel ini sampai selesai.
Teliti Perilaku Pelangganmu
Agar strategi email marketing tersebut tepat sasaran, kita harus melihat aktivitas email pengguna untuk membantu kamu memahami pelangganmu dan nengetahui bagaimana perilakunya. Mulai dari tindakan, motivasi, dan preferensi mereka. Alat pemasaran dan analitik email, seperti GetResponse.co.id dapat membantu kamu melihat interaksi pengguna. Tujuannya adalah untuk meningkatkan upaya email marketing dengan penargetan yang lebih tepat.
Lakukan Survey
Sama seperti menganalisis email yang kamu kirim memberi kamu informasi mendalam tentang pelangganmu dan bagaimana mereka berinteraksi dengan email marketing. Kamu dapat menggunakan email marketing untuk secara langsung bertanya kepada mereka tentang kebutuhan, pandangan, dan pendapat mereka.
Tambahkan ikon media sosial
Banyak orang melakukan kesalahan dengan menempatkan ikon share dan ikon list media sosial. Email dengan ikon share dan koneksi media sosial lebih memiliki banyak engagement daripada yang tidak menggunakan ikon list media sosial. Walaupun terkesan berharap agar audiens mengunjungi media sosialmu dan melakukan transaksi, tetapi hal ini tidaklah salah jika dilakukan.
Dorong keterlibatan pelanggan
Email marketing sama efektifnya dengan media sosial lainnya ketika menyangkut keterlibatan audiens. Berkreasilah dengan email untuk terlibat dengan audiens.ย Berpikirlah lebih dari sekadar pembaruan produk, berita perusahaan, berita industri, dan strategi email lain yang menguap seperti itu. Terkadang kita selalu berpikir bahwa kita harus memberikan awareness secara terus menerus kepada mereka, tetapi mengapa kita tidak mendorong mereka untuk menyuarakan pendapat?
Diskusikan hal-hal yang sedang penting saat ini atau bahkan diskusikan mengenai produkmu kepada mereka.
Copywriting yang menarik
Mengabaikan copywriting berarti membuang sia-sia 80% dari waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk bisnis onlinemu. Jika kamu menerapkan copywriting yang benar, maka hasilnya akan berbeda ketika tidak menggunakan copywriting. Pelajari bagaimana cara membuat copywriting yang benar dengan mengikuti online course Copywriting for Social Media di Digital Marketing School. Tak hanya teori saja, kamu juga akan praktek membuat copywriting bersama senior copywriter Digital Marketing School.
Daftarkan dirimu disini Copywriting for Social Media atau hubungi kami melalui WhatsApp +62 814-6125-4844 (April)
[super_form id=”14361″]