5 Strategi Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Bisnis Anda

Mempertahankan keunggulan kompetitif dalam bisnis adalah suatu manfaat ketika perusahaan mempunyai dan menghasilkan produk atau jasa yang dilihat dari pasar targetnya senantiasa lebih unggul dibandingkan dengan para kompetitif terdekat. Untuk mempertahankan keunggulan kompetitif tersebut, seorang pebisnis harus mampu mengenali berbagai unsur untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam bisnisnya, yakni sebagai berikut:

Baca juga: 5 Strategi Mempertahankan Keunggulan Kompetitif Bisnis Anda

Ciptakan “parit ekonomi”

Manfaatkan kebijakan pembatasan memasuki pasar untuk menghalangi kompetitor beroperasi di pasar yang sama. Dalam beberapa kasus, kemampuan perusahaan dalam memanipulasi batasan untuk memasuki dan bersaing dalam pasar menjadi sarana yang efektif untuk melawan kompetisi baru, membentengi bisnis dan mempertahankan potensi keuntungan yang dapat diramalkan.

Misalnya, mungkin Anda memiliki restoran Thailand di mal. Ini dapat menyediakan parit ekonomi karena kemungkinan mal tidak akan membuka beberapa restoran Thailand sekaligus dalam area yang sama. Ini mencegah bisnis lain bersaing dengan Anda.

Pelajari cara menciptakan funneling bisnis Anda.

Pertahankan posisi Anda

Setelah mendapatkan keunggulan bisnis, kerja Anda masih jauh dari selesai. Untuk menggapai kesuksesan, Anda harus terus mempertahankan keunggulan kompetitif melalui penetapan harga, fitur produk, dan pemasaran. Misalnya, jika Anda memiliki perusahaan teknologi, Anda harus terus merancang produk baru yang lebih cepat, lebih murah, dan memiliki fungsionalitas lebih. Bagaimanapun juga kompetitor Anda tidak akan duduk diam dan membiarkan Anda mencuri pasar mereka.

Terkadang Anda harus mengambil peluang untuk tetap menjadi yang terdepan dan membedakan bisnis Anda dengan yang lain, tetapi risiko besar biasanya diiringi oleh kesuksesan besar. Ingatlah selalu untuk melakukan riset sebelum terjun menerapkan ide baru.

Baca juga: Cara Tingkatkan Kemampuan Personal yang Berdampak Kepada Teknik Penjualan

Ramalkan tren masa depan di industri Anda

Cara yang tepat untuk meramalkan tren adalah bergabung dengan asosiasi profesional setempat yang menawarkan pembicara dengan keahlian di bidang Anda serta konferensi tahunan. Anda akan mendapatkan gambaran dan melihat apa yang dilakukan kompetitor dalam industri Anda.

Pelajari dan awasi kompetitor Anda secara konstan

Carilah pembaruan di situs web mereka, masuklah ke milis mereka, saksikan peluncuran produk baru dan awasi perubahan harga mereka.

Baca juga: Cara Mempertahankan Konsumen Supaya Loyal Terhadap Bisnis Anda

Beradaptasilah dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan

Mintalah pendapat pelanggan secara teratur dengan survei daring dan dewan penasihat pelanggan. Tenaga pemasaran Anda harus memberi informasi terbaru dengan umpan balik yang mereka dengar dari pelanggan dan calon pelanggan.

Post a Comment