fbpx

5 Tipe Headline yang Ampuh Menarik Perhatian Audiens

Headline merupakan elemen paling penting yang perlu kamu perhatikan dalam menulis iklan dan konten. Ini karena headline akan menjadi pintu gerbang antara produk dengan calon pembeli atau audiens kamu. Tanpa headline yang menarik, sebuah produk atau konten akan sulit terjangkau oleh target yang kamu bidik. Maka dari itu, kamu nggak boleh sembarangan nulis headline. Yuk pakai 5 tipe headline ini untuk mencuri hati audiens kamu!

Selective Headline

Bagi kamu yang memiliki beberapa brand dengan niche yang berbeda, bisa pakai selective headline. Tipe headline yang satu ini bertujuan untuk membidik target market yang berbeda-beda dan lebih spesifik. Contohnya, kamu ingin menjual produk kosmetik khusus untuk perempuan atau jersey futsal hanya untuk laki-laki. Nah, tipe headline ini cocok diaplikasikan ke iklan atau campaign kamu.

Curiosity Headline

Siapa sih yang nggak kepo kalau baca notif, iklan, atau judul artikel yang setengah-setengah? Nah, tipe headline yang satu ini namanya curiosity; tujuannya untuk bikin audiens penasaran dan ‘greget’ ingin kepoin tulisan yang ia baca. Salah satu contoh headline Curiosity adalah: Oalah, Gini ya Caranya Turunin Berat Badan dalam Seminggu. Tipe headline ini cocok kamu pakai di dalam subject email, blast, konten Instagram, dan push notification.

Gimmick Headline

Tipe headline ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu menggunakan rima. Selain itu, gimmick headline kadang menggunakan huruf kapital yang bertujuan untuk menekankan sebuah kata. Dengan jenis ini, headline kamu akan terkesan anti-mainstream! Beberapa contoh dari Gimmick headline adalah:

  • Biar jadul, tetep mantul
  • HANYA HARI INI! Claim diskon 70% sekarang!

Fear Headline

Dari namanya, mungkin kamu sudah menyadari bahwa fear headline digunakan untuk menakut-nakuti calon pembeli. Maksud dari menakut-nakuti adalah mengajak calon pembeli untuk segera menerima tawaran suatu produk. Biasanya, jenis headline ini ada di campaign diskon, flash sale, atau launching koleksi limited edition. Dengan headline ini, calon pembeli akan terpancing dan tertarik untuk beli produk sebelum kehabisan. 

Question Headline

Ini merupakan jenis headline berbentuk pertanyaan yang dapat memancing emosi, membuka pikiran, mengingatkan, dan menjawab rasa penasaran audiens. Jenis headline ini cocok untuk membangun brand awareness dan kedekatan dengan audiens lho. Contoh dari Question Headline adalah: 

  • Benarkah Air Hujan Bisa Bikin Kepala Pusing?
  • Sudahkah Kamu Minum Air Cukup Hari Ini?

Nah, itulah 5 tipe headline yang wajib kamu ketahui dan terapkan di dalam konten atau iklan. Dari kelima headline tersebut, tipe mana saja yang akan kamu praktekan dulu? Kalau kamu penasaran sama tips seputar Copywriting lainnya, silakan kunjungi website dan Instagram kami ya!

Post a Comment