fbpx

5 Tips Optimasi Konten Sosial Media Biar Engagement Meningkat

Bikin konten dan posting di sosial media sebenarnya sederhana saja. Tapi, apakah benar konten yang kamu buat bisa menghasilkan engagement yang bagus dan di sukai audiens? Permasalahan ini masih sering di keluhkan oleh content creator karena postingan yang mereka buat kurang menarik perhatian audiens. Lalu, gimana sih caranya supaya konten yang kita buat bisa menarik dan mengundang banyak engagement? Simak cara optimasi konten sosial media di sini!

Buat Konten Interaktif

Untuk mengundang likes, save, atau komentar, tentunya kamu perlu bikin konten yang mengundang interaksi. Beberapa jenis konten yang bisa kamu coba adalah polling, quiz, live interview, dan QnA. Kamu bisa mengemas keempat konten tadi menjadi games yang seru dan bikin mereka tertantang untuk mencobanya. Semakin tinggi engagement yang di dapatkan, semakin besar pula kesempatan kontenmu di sebar luaskan oleh platform sosial media hingga masuk explore page.

Sisipkan Unsur Humor atau Emosi

Siapa sih yang nggak suka konten lucu? Konten seperti meme, GIF, atau cuitan seseorang yang menggelitik bisa mengundang engagement juga lho! Audiens akan tertarik untuk like dan share konten tersebut ke orang-orang terdekatnya yang merasa relate dengan postingan tadi. Selain humor, konten yang menginspirasi juga bisa menyentuh emosi audiens.

Respon Komentar Audiens

Meskipun kelihatannya simple, cara ini berdampak besar pada konten kamu lho. Saat ini, beberapa platform social media mulai mengukur persentase interaksi antara creator dan followers. Untuk mempertahankan skormu, mulailah balas komentar yang audiens tanyakan. Membalas komentar juga berarti kamu peduli dengan mereka, sehingga mereka merasa di dengarkan dan di terima baik oleh sang creator. Balaslah komentar mereka dengan bahasa yang friendly agar mereka nyaman berinteraksi denganmu ya.

Bikin Konten Short Video

Kamu mungkin sudah tau kalau sekarang konten video mulai merajalela di berbagai platform sosial media, seperti Instagram Reels, Tiktok, atau Youtube Shorts. Nah, berdasarkan riset Oberlo.ca, marketer yang menggunakan konten video mendapatkan leads 66% lebih tinggi daripada konten foto biasa. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa kebanyakan audiens lebih suka mengonsumsi konten berbentuk video, terutama yang durasinya pendek.

Berikan Pertanyaan Simple

Cara terakhir untuk optimasi konten sosial media adalah menyisipkan pertanyaan simple di caption atau image copy. Tujuan dari cara ini adalah mengundang interaksi audiens di kolom komentar yang dapat meningkatkan interaction score. Tanyakan atau ajak mereka untuk melakukan aksi sederhana seperti tag teman, share ke orang terdekat, dan masih banyak lainnya.

Ngonten di sosial media bukan sekadar posting aja, tapi buatlah kontenmu bermanfaat bagi audiens juga! Itu dia caranya optimasi konten sosial media agar akunmu mendapatkan banyak engagement. Semoga artikel ini bermanfaat ya.

Untuk kamu yang ingin mempertajam skill di bidang sosial media, kamu bisa ikuti program sertifikasi Social Media dari Digital Marketing School lho! Di program kamu akan belajar sosial media dari A-Z oleh mentor berpengalaman dan mendapatkan sertifikat resmi dari BNSP. Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan follow Instagram kami dan kunjungi website Digital Marketing School ya!

Post a Comment