fbpx

5 Trik Copywriting Supaya Tulisan Kamu Makin Interesting

Copywriting merupakan kunci datangnya closing. Mengapa bisa begitu? Selain foto produk, elemen lainnya yang konsumen lihat adalah tulisan yang tertera pada iklan alias copy. Tanpa copy yang menjual, maka suatu produk cenderung sulit diterima di masyarakat. Maka dari itu, penting untuk menulis copy yang menarik untuk menghipnotis calon pembeli kamu. Kira-kira, apa saja trik copywriting yang bisa kamu praktikan pada sebuah copy? Yuk simak trik copywriting di bawah ini!

Tulis Sesingkat Mungkin

Kebanyakan orang cenderung malas membaca tulisan yang panjang dan bertele-tele. Nah, untuk meningkatkan efektivitas copywriting, lebih baik kamu buat tulisan yang pendek namun tetap ‘ngena’. Contohnya iklan Wardah dengan headline ‘Cantikmu Siap Hadapi Dunia. Meskipun hanya frasa berisi empat kata, copywriting tersebut bisa memikat hati wanita yang ingin tampil cantik dimanapun dan kapanpun. 

Prioritaskan Kalimat Aktif

Apakah kamu sering beriklan di Google atau situs penelusuran lainnya? Supaya copywritingmu terbaca oleh Google, sebaiknya buatlah tulisan dengan kalimat aktif. Selain itu, kalimat aktif pada copy juga menambah kesan natural pada campaign atau iklanmu. Sebagai contoh, slogan McDonalds ‘I’m Lovin it’ dan produk susu Dancow ‘Aku dan kau, suka Dancow’ yang terlihat sederhana namun natural. 

Kurangi Kata Tak Penting

Maksud dari kata kurang penting di sini adalah konjungsi yang membuat kalimat terkesan wordy. Contohnya, ‘Yuk Jaga Kesehatan Gigi Si Kecil Agar Tetap Kuat!’ dan ‘Yuk Jaga Kekuatan Gigi si Kecil!’. Tentu lebih efektif kalimat kedua kan? Dengan mengurangi konjungsi atau kata tak penting, copywriting buatanmu akan terdengar lebih padat, to the point, dan ngena. Jadi, gunakan trik copywriting yang satu ini agar tuilsan kamu nggak bertele-tele.

Buat Tulisan Berima

Pernah baca copywriting yang mirip pantun? Nah, itu namanya copywriting teknik Rhyming. Copywriting yang mengaplikasikan teknik Rhyming akan lebih gampang diingat oleh konsumen karena memiliki bunyi akhiran yang sama. Lalu, teknik Rhyming pada copywriting juga memiliki daya tarik tersendiri, karena terkesan unik dan menarik. Contoh dari teknik Rhyming pada copywriting adalah: ‘Kopi Ngehits, Gula Arennya Legit’, ‘Kreativitas Tanpa Batas’, dan ‘Jadilah Sang Pemberi Peluang’

Terapkan Repetisi

Trik copywriting yang terakhir adalah repetisi. Copywriting dengan teknik repetisi bisa meningkatkan atensi lho. Selain itu, kalimat yang berulang juga lebih mudah di ingat oleh konsumen bahkan masuk ke dalam long-term memory. Sebagai contoh, iklan ekstrak kulit manggis Mastin yang slogannya di ulang sampai 3 kali. Kamu pasti masih ingat slogannya ‘Mastin Good…’ kan?

Nah, itu dia lima trik copywriting yang bisa kamu terapkan di campaign, iklan, atau sosial media kamu. Dari kelima trik tadi, mana yang mau kamu coba duluan? Kalau ingin tau tips dan trik seputar Digital Marketing lainnya, jangan lupa mampir ke website dan Instagram kami ya!

Post a Comment