5 Trik Psikologi Harga Untuk Menarik Perhatian Konsumen

Sebelum konsumen memutuskan untuk membeli barang yang kamu jual, apa pertanyaan pertama yang mereka tanyakan? Pastinya harga. Hampir setiap orang menjadikan harga sebagai hal utama yang menjadikannya sebagai keputusan paling penting saat hendak membeli suatu barang. Jika kamu pembisnis atau sedang ingin merintis bisnis, kamu bisa pakai trik psikologi harga untuk menarik perhatian konsumen. Tapi bagaimana caranya? Cek penjelasan artikel ini untuk tahu 5 trik psikologi harga untuk menarik perhatian konsumen.

Trik Psikologi Harga Untuk Menarik Perhatian Konsumen

1. Kurangi Satu Digit Angka Paling Kiri

Sudah banyak brand-brand besar di dunia yang sudah lakukan. Banyak brand brand yang menjual produk elektronik, pakaian, dan juga makanan. Sebagai contoh coba kamu bandingkan dua hal disini.

Suatu brand produk pakaian menjual produknya dengan harga Rp. 200.000. Harga itu mungkin bisa dirasa mahal bagi banyak konsumen. Bila angka ini diubah menjadi Rp. 199.000, banyak orang akan jauh lebih tertarik untuk membeli produk dengan harga tersebut, padahal jika dibandingkan harganya sama tidak jauh berbeda.

Cara ini dianggap cukup efektif jika digit kirinya dirubah. Sekarang coba kamu bandingkan jika ada dua produk yang menjual harga 690.000 dengan harga 589.000 mana yang akan kamu pilih? Tentunya kamu akan memilih harga 689.000 bukan? Kamu akan mengira bahwa harga 690.000 lebih mahal dibandingkan dengan 689.000. Padahal jika dihitung harganya hanya berbeda 1.000 saja.

Mengapa digit kiri ini dianggap penting sekali dan cukup efektif mempengaruhi konsumen? Hal ini dikarenakan cara kerja otak manusia yang memproses besaran angka sebelum angkanya selesai dibaca. Dari harga 199.000 manusia akan mengingat itu sebagai harga 100- ribuan. 

2. Tulis dengan font kecil

Jika kamu ingin memanfaatkan promo diskon penjualan. Sebaiknya kamu gunakan font kecil dibagian harga dan fokus pada font bagian diskonnya saja. Karena orang akan berfokus pada tulisan diskon nya saja. Seperti contoh dibawah ini.

3. Gunakan warna kontras visual di harga diskon

Warna diakui dapat mempengaruhi cara membaca seseorang. Orang akan lebih memfokuskan pada tulisan yang berwarna. Maka dari itu buatlah pembeda antara harga awal dengan harga diskon dengan gunakan warna yang berbeda. Sebagai pembanding perhatikan contoh dibawah.

4. Tampilkan harga di waktu yang tepat

Jika kamu menjual produk yang dikategorikan sebagai barang mewah sebaiknya lebih memfokuskan untuk menampilkan produknya dahulu dibandingkan harga. Jika target pasarnya kelas menengah pasti akan lebih memfokuskan pada produk nya terlebih dahulu. Namun berbeda jika kamu menjual produk yang fungsional untuk kebutuhan sehari-hari. Tentunya yang perlu kamu fokuskan lebih awal ialah harga jual.

5. Posisi harga diskon

Jika kamu ingin membuat diskon untuk produk, sebaiknya kamu menulis harga awal di bagian kiri dan tambahkan tanda coret. Lalu tulis harga promo pada bagian sebelah kanan. Trik ini dianggap jitu karena pada hakikatnya orang membaca tulisan dari sebelah kiri dan ditambah ada tanda coret akan menarik perhatian pembeli. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah.

 Jadi sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menarik perhatian para calon dan konsumen. Itulah trik jitu menentukan harga yang bisa kamu gunakan saat menjual produk kepada konsumen. Semoga bermanfaat!

 Kamu ingin sukses berbisnis? Klik DISINI

Jangan lupa follow kami di https://www.instagram.com/digitalmarketingschool.id/

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment