tipe audience

Beda Customer, Beda Strategi Marketingnya! Pelajari 3 Tipe Audiens Ini

Pernah dengar istilah temperature market? Istilah ini digunakan untuk menggambarkan tipe audiens yang akan menjadi target marketing. Temperature market ini terbagi menjadi tiga tipe. Apa sajakah itu? Yuk kita simak di bawah ini!

Cold Audiens

Kamu tahu nggak kalau orang-orang yang mengunjungi profil media sosial bisnismu untuk pertama kalinya itu belum tentu semuanya sudah mengenal produk kamu?

Jenis audiens seperti ini disebut dengan cold audiens. Mereka adalah sekelompok orang-orang yang belum atau bahkan tidak mengetahui tentang produkmu.

Cara menghadapi audiens dengan tipe seperti ini adalah dengan mengubah mereka menjadi warm, yaitu mengubah mereka yang tidak tahu menjadi tahu. Kamu dapat melakukan persuasi lewat edukasi produk yang kamu jual dan juga melalukan hard selling.

Agar proses perubahan dari cold ke warm ini berjalan dengan baik, kamu perlu menargetkan promosi produkmu ke kelompok audience yang tepat. Misalnya jika produkmu adalah alat-alat kegiatan outdoor, maka tentu saja target audience kamu adalah mereka yang suka berkegiatan di luar, seperti pendaki gunung dan pesepeda.

Warm Audiens

Selanjutnya ada tipe warm audiens, yaitu sekelompok orang-orang yang sudah selangkah lebih maju untuk membeli produkmu. Mereka sudah mengenal produk  kamu tapi mereka belum memiliki ketertarikan untuk membeli.

Hal yang harus kamu lakukan untuk menghadapi tipe audiens ini adalah dengan merubah mereka yang warm menjadi hot, atau dengan kata lain kamu mengubah mereka yang tidak tertarik menjadi tertarik akan produkmu.

Audiens dengan tipe ini biasanya masih mempertimbangkan produk mana yang cocok dan tepat untuk menyelesaikan masalah mereka. Maka yang harus kamu lakukan adalah meyakinkan mereka bahwa produkmu dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi. Kamu bisa memberitahu mereka mengenai keunggulan-keunggulan dan keunikan-keunikan produkmu.

Hot Audiens

Tipe yang terakhir adalah hot audiens. Mereka adalah orang-orang yang sudah tertarik dan bahkan sudah membeli produk kamu. Mereka mudah dipersuasi untuk membeli produk, karena sudah terbangun kepercayaan antara mereka dengan brand-mu.

Audiens yang masuk ke dalam tipe ini sangat berpotensi untuk menjadi pelanggan tetap kamu lho! Untuk itu, sebaiknya kamu berikan penawaran terbaik seperti mempertahankan kualitas produk, mempertahankan kualitas layanan, manajemen komplain pelanggan yang baik, diskon khusus, dan lain sebagainya.

Nah, sudah tahukan kalau audiens bisnismu itu nggak hanya satu jenis saja? Yuk pakai cara mengadapi audiens ini sesuai dengan tipenya!

Jenis-jenisnya udah tau, kalau teknik marketingnya udah tau belum? Kalau belum, mending ikutan kelasnya di Digital Marketing School! Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website atau hubungi admin via social media kami ya.