Begini Nih Tips Menggunakan Instagram untuk Kegiatan Digital Marketing

Pada dasarnya Instagram akan membawa bisnis Anda ke dalam platform aplikasi berbasis online dan menampilkannya dalam bentuk foto dan video yang menarik perhatian calon potential customer. Jika Anda mengetahui cara beriklan di Instagram dan mampu memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Instagram seperti post, caption, hashtag,  follower, bio dan lainnya, maka Anda akan menemukan ribuan customer baru pada bisnis Anda. Berikut beberapa tips beriklan di Instagram supaya bisa berjalan sukses:

Pelajari targeting follower untuk Instagram bisnis supaya penghasilan bisnis Anda meningkat.

1. Membangun Komunikasi Melalui Hashtag

Fungsi hashtag pada Instagram hampir sama dengan Twitter dan Pinterest, yaitu untuk menjangkau pengguna secara lebih luas. Dengan menambahkan hashtag maka foto dan video yang diunggah memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk dilihat oleh orang lain. Selain itu Anda juga bisa membentuk suatu komunitas melalui hashtag, yang kemudian bisa Anda gunakan untuk campaign Instagram ataupun keperluan lainnya.

2. Bekerjasama dengan Pihak Luar

Anda pasti pernah melihat beberapa akun Instagram suatu brand sedang mempromosikan akun brand lainnya. Hal ini tentu saja bertujuan untuk meningkatkan Jumlah follower mereka masing-masing. Jika akun Anda dipromosikan oleh pihak lain, maka bisa jadi follower mereka yang belum mengikuti Anda akan tertarik membuka akun Anda. Tapi pastikan bahwa pihak tersebut memiliki kemiripan atau fokus bisnis yang sama dengan Anda. Ini tentu memerlukan koneksi yang besar, Anda harus membayar beberapa akun milik orang lain (buzzer) untuk promosi di Instagram tentang bisnis Anda.

Baca juga: Yakin Cara Memasarkan Produk Anda di Instagram Sudah Berhasil?

3. Relevansi Antara Trend, Follower dan Bisnis

Sebagai pemilik bisnis, Anda akan berpikir tentang post seperti apa yang akan disenangi oleh orang lain. Namun perlu diperhatikan juga trend yang sedang populer di lingkungan masyarakat. Jika sudah mengetahui kedua hal tersebut maka carilah relevansi keduanya dengan bisnis online Instagram Anda, kemudian tampilkan dalam bentuk foto atau video.

4. Mengunggah Post Terbaru Secukupnya

Memperbaharui post setiap jam sekali pada akun Twitter akan terlihat wajar. Sama halnya dengan mengunggah ratusan foto di Facebook pada waktu bersamaan, karena foto yang ditampilkan di halaman beranda akan menjadi satu album. Namun jangan melakukan hal seperti itu dengan Instagram, jika Anda terlalu sering mengunggah foto atau video, maka akun follower Anda akan menjadi penuh. Hal ini akan membuat mereka kesal dan akhrinya memutuskan untuk unfollow akun Anda.

Baca juga: Sebera Pentingkah Akun Instagram untuk Pemasaran Bisnis Anda di Bidang Digital?

5. Cari Sesuatu yang Bisa Ditampilkan dari Bisnis Anda

Ada banyak pemilik bisnis yang masih berpikir bahwa Instagram hanya digunakan oleh bisnis makanan dan pakaian saja. Pada kenyataanya semua jenis bisnis bisa ditampilkan dalam bentuk foto atau video, namun cara menyampaikannya saja yang sedikit berbeda.

6. Manfaatkan Semua Tools yang Ada

Sejak pertama kali dirilis, Instagram selalu menambah berbagai macam fitur baru untuk memudahkan penggunanya. Anda bisa melakukan berbagai macam hal dengan Instagram seperti mengedit foto, mengunggah video, mengetahui performa atau kualitas dari setiap post, beriklan untuk bisnis dan masih banyak lagi. Jika semuanya dimanfaatkan, maka Instagram marketing akan berjalan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Instagram Bisnis Anda Sepi Follower, Gimana Mau Laku Jualan? Intip Caranya Biar Follower Terus Bertambah

7. Mencari Inspirasi dari Akun Lain

Semakin banyak mencari inspirasi maka akan bermunculan ide-ide baru yang bisa Anda lakukan seperti jenis-jenis post yang menarik, cara menulis caption, menentukan hashtag dan mengadakan suatu campaign.

Post a Comment