Buat Konten Semakin Viral dengan Formula STEPPS

Hampir semua orang ingin kontennya viral. Mungkin termasuk kamu juga kan? Ternyata bikin konten viral itu nggak segampang yang kita lihat, dan nyaris mustahil kalau sekali posting langsung viral. Selain lewat faktor keberuntungan, ada teknik khusus yang bikin konten kamu berpotensi banyak yang lirik dan berujung viral, namanya formula STEPPS. Formula ini adalah singkatan dari Social Currency, Triggers, Emotion, Public, Practical Value, dan Stories. Daripada penasaran, yuk kita kupas satu per satu formula STEPPS!

Social Currency

Formula STEPPS pertama yang perlu ada di dalam konten adalah Social Currency. Social Currency adalah elemen yang menarik perhatian audiens, bisa berupa trend atau isu yang lagi hangat di media. Untuk menjalankannya, coba perhatikan dulu siapa audiens kamu. Setelah tau, cari tren atau topik apa yang lagi viral, lalu coba angkat sebagai tema konten. Cara ini seringkali berhasil menarik perhatian mereka.

Triggers

Di formula ini, kamu perlu menggunakan gambar atau frasa yang kuat agar audiens inget sama kamu. Untuk gambar, kamu bisa coba gunakan gambar yang out of the box dan unik. Lalu, padukan dengan copy yang simple namun mudah di ingat. Intinya, kamu perlu punya branding yang kuat dengan isi konten yang relate sama value dari brandmu.

Emotion

Kamu pasti udah bisa tebak dari namanya kalau Emotion bakal berkaitan sama emosi audiens. Bener banget, maksud dari formula ini adalah mengangkat tema konten yang dapat memicu emosi mereka, entah itu senang, terharu, sedih, atau kagum. Untuk membuat konten bertema Emosi, kamu bisa mainkan kalimat dan kata-kata yang ada di konten tersebut. Mirip seperti Triggers, kamu juga dapat memilih gambar-gambar yang bisa membangkitkan emosi.

Public

Formula STEPPS berikutnya adalah Public. Formula ini bertujuan untuk mengangkat konten yang bisa di konsumsi oleh semua kalangan atau bersifat umum. Kalau selama ini kamu lebih sering bikin tema konten promosi dan produk, kamu bisa coba ubah ke tema konten yang general. Contohnya, berita, topik terhangat, atau fakta unik yang mengedukasi.

Practical Value

Formula ini lebih mengedepankan konten yang valuable buat audiens kamu, misalnya edukasi, infografis, atau artikel. Selain itu, kamu juga bisa bagikan hacks atau tips bermanfaat yang relate dengan niche dan audiensmu. Konten yang valuable pastinya akan di baca berkali-kali dan berharga untuk tahun mendatang.

Stories

Formula STEPPS terakhir adalah Story, yaitu bercerita. Berdasarkan riset, konten berbentuk cerita lebih mudah di serap, di pahami, dan di nikmati oleh audiens. Contohnya bagi kamu yang berjualan, kamu bisa mengemas konten produk menjadi sebuah cerita yang menarik dan menghibur. Pastikan ceritanya relate dengan audiensmu ya!

Itu dia 6 formula STEPPS yang dapat membantu kontenmu viral! Coba terapkan konten ini di kontenmu ya.

Mau tau tips lainnya seputar Digital Marketing? Follow Instagram dan kunjungi website kami ya!

Post a Comment