Cara Membangun Kerangka Bisnis Digital Marketing untuk Menumbuhkan Bisnis Anda
Digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui internet. Tujuannya untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Singkatnya, Digital marketing ialah suatu cara untuk mempromosikan produk / brand tertentu melalui media internet. Bisa melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya. 85% kesuksesan Anda adalah dari personality Anda. Cara berbicara, negosiasi, dan kepemimpinan. Bagaimana membangun sebuah bisnis yang sukses?
Pelajari membuat kerangka bisnis yang tepat.
Yang harus Anda fahami adalah:
- Customer (huruf capital): Siapa saja target market Anda. Mereka datang Kepada Anda untuk mencari solusi dan tugas Anda adalah menawarkan solusi.
- Channels: Tempat Anda deliver produk/jasa melalui website, toko offline, dll.
- Customer relationships: Harus terjadi hubungan saling menguntungkan bagaimana Anda me-maintain
- Revenue: Memikirkan profit yang akan Anda dapatkan dari mana saja.
- Value proposition: Analisa benefit yang Anda tawarkan.
- Key resources: Aset apa saja yang Anda miliki.
- Key activity: kegiatan apa saja yang Anda lakukan agar bisnis Anda berjalan, buat daftar harian.
- Key partner: Analisa Partner dari luar (supplier, reseller, dll).
- Cost: Mengatur semua biaya harus Anda keluarkan, buatkan list.
Baca juga: Digital Marketing VS Marketing Konvensional, Mana yang Lebih Unggul untuk Memasarkan Bisnis Anda?
Semua point di atas harus Anda analisa dan kerjakan, buatkan list/daftar.
Meningkatkan bisnis yang kita kelola adalah impian dari setiap pelaku bisnis. Namun hal itu tidak akan bisa tercapai jika kita hanya passive.
Lakukan Increase pada 3 pilar utama bisnis Anda:
- Meningkatkan trafic: Menambahkan jumlah Pengunjung yang datang ke website Anda.
- Meningkatkan frekuensi: Meningkatkan Pengunjung Untuk re-order / membeli produk Anda lagi.
- Meningkatkan volume: Bagaimana meningkatkan pengunjung untuk membeli banyak produk (kuantitas).
Baca juga: Bagaimana Membangun Bisnis Via Email Marketing?
Membangun sebuah bisnis online perlu pemikiran yang khusus, jangan asal membangun saja karena akan berdampak pada isi bisnis Anda. Jika isi Anda berantakan maka pengunjung enggan pergi ke tempat Anda.
Dalam bisnis online pengunjung harus mengerti apa saja yang Anda jual (Beri navigasi). Tugas Anda harus membawa pengunjung dari produk satu ke produk lain.