Cara Membuat Customer Persona yang Sesuai sama Bisnis Kamu

Cara Membuat Customer Persona yang Sesuai sama Bisnis Kamu

Dalam dunia bisnis paham siapa pelanggan kamu itu penting banget, loh. Salah satu cara buat lebih kenal sama pelanggan kamu adalah dengan membuat customer persona yang akurat.

Yuk, ikuti langkah-langkah gampang ini buat ciptain customer persona yang bukan hanya cocok, tapi juga bener-bener bisa mewakili target market bisnis kamu!

Kenapa Membuat Customer Persona Itu Penting?

Man buying a car

Alasan kenapa membuat customer persona itu penting adalah biar kamu punya gambaran jelas tentang siapa target pasar kamu. Kalau kamu tahu target pasar kamu, kamu bisa lebih spesifik dan efektif menyusun strategi pemasaran. Nggak cuma itu, membuat customer persona juga bantu kamu membuat produk atau layanan yang benar-benar dibutuhin dan diinginkan sama pasar.

Langkah-langkah Membuat Customer Persona

Female friends out shopping together

Riset Target

Sebelum membuat  customer persona kamu harus mulai sama riset. Cari tahu siapa sih yang selama ini paling sering interaksi sama brand kamu. Survei pelanggan, interview, atau cek data dari social media bisa jadi sumber informasi buat riset customer persona kamu.

Tentuin Demografi Target

Tentuin demografi dari target audiens kamu, kayak umur, lokasi, jenis kelamin, dan pendidikan. Informasi ini nantinya bisa membantu kamu dalam menyusun messaging dan konten yang relevan.

Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Target

Ini nih yang paling penting. Kamu harus tahu apa yang mereka perluin? Apa masalah yang mereka punyai? Kalau kamu tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini bisa jadi dasar untuk membuat produk atau jasa dari bisnis kamu.

Tentukan Tujuan Target

Setiap orang pasti punya tujuan yang mau dicapai atau masalah yang mau diselesaikan. Kalau kamu ngerti tujuan dari target audiens kamu, kamu jadi bisa nawarin solusi yang tepat buat nyelesaiin apa yang dimau target audiens.

Tentukan Hambatan Target

Selain tujuan, penting juga buat tahu apa aja yang jadi penghalang atau hambatan target audiens buat mencapai tujuan itu. Info ini bisa bantu kamu buat memperbaiki produk atau layananmu agar lebih sesuai sama kebutuhan mereka.

Kasih Nama dan Wajah pada Persona

Women wore an island shirt and looked ahead on a white wall.

Ini bagian yang seru! Buat persona kamu jadi ‘nyata’ dengan ngasih mereka nama, foto, dan cerita hidup mereka. Ini bakal membuat kamu lebih mudah ngebangun hubungan sama mereka.

Pakai dalam Strategi Pemasaran

Setelah persona jadi, saatnya menggunakan persona ini ke dalam setiap strategi pemasaran kamu. Dari iklan, konten website, sampai media sosial, pastikan semuanya sesuai sama customer persona yang udah kamu buat.

Evaluasi

Dunia terus berubah, pelanggan kamu juga bakal berubah. Jadi, jangan lupa buat terus evaluasi dan update persona sesuai sama perkembangan konsumen kamu.


Itu dia langkah langkah untuk membuat customer persona yang cocok sama bisnis kamu. Ingat, semakin kamu mengenal pelangganmu, semakin besar kesempatanmu untuk sukses. Jangan lupa coba cara ini buat bisnis kamu, ya!

Kalo kamu yang masih bingung doal urusan social media marketing dan digital marketing, Digital Marketing School solusinya! Disini kamu bisa ikut kelas-kelas yang buat meningkatkan pengetahuanmu tentang social media dan digital marketing. Daftar sekarang juga, ya!

Post a Comment