Cara Mempertahankan Konsumen Supaya Loyal Terhadap Bisnis Anda

Jika ingin menjual produk dengan sukses, sebuah perusahaan harus selalu memperhatikan perilaku konsumen. Kenapa? Karena mereka adalah target utama pemasaran tersebut. Hanya saja, perilaku konsumen selalu berubah setiap waktu dan tidak bisa dipastikan kapan waktunya.

Baca juga: 4 Cara Mengevaluasi Bisnis Anda Sebelum Temukan Keunggulan Kompetitif Bisnis Anda

Untuk mengetahui perilaku pasar, sebuah perusahaan perlu mengadakan riset pasar, Sehingga (huruf kecil), produk yang ditawarkan akan diterima dan bisa memuaskan mereka. Cita rasa dan kebutuhan produk dan pelayanan makin meningkat dan bervariasi diiringi dengan daya kritis yang tinggi. Menghadapi tuntutan yang semakin canggih tersebut, ada beberapa hal yang perlu diingat:

  • Perusahaan dituntut untuk menawarkan derajat kepuasan yang memenuhi harapan atau bahkan melampauinya
  • Sebuah perusahaan juga harus mengantisipasi ancaman dari pesaing yang mungkin melakukan hal yang sama, atau bahkan melampaui apa yang diberikan perusahaan kepada pelanggan.
  • Sebuah perusahaan juga harus memperhatikan kemampuan intern dalam menghadapi perubahan-perubahan.

Pelajari cara rahasianya dengan menggunakan konten yang menarik.

Dalam bisnis, Anda harus jeli melihat perkembangan bisnis terutama yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Hal (yang) paling penting, jangan kecewakan pelanggan. Jika kebetulan bisnis Anda mengalami penurunan, hal pertama yang perlu diselidiki adalah konsumen. Apakah konsumen sudah tidak puas dengan produk yang Anda tawarkan? Apakah kompetitor berhasil menemukan cara lebih baik?

Saatnya mengadakan riset kecil dengan pelanggan, caranya bisa dengan:

Baca juga: 4 Langkah Menciptakan Keunggulan Kompetitif Agar Bisnis Anda Lebih Unik Di Mata Konsumen

  • Berusaha lebih dekat ke pelanggan sambil berbincang-bincang dengan mereka. Hal ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pendapat pelanggan terhadap pelayanan atau produk yang diberikan perusahaan Anda. Tanyakan juga apa yang diberikan kompetitor mengenai produk maupun serfis.
  • Melakukan penyelidikan langsung ke kompetitor (marketing intelligence).

Setelah riset dilakukan, Anda bisa mulai merumuskan permasalahan, kemudian mencari solusi paling tepat untuk mengatasinya.

Baca juga: Cara Mempertahankan Konsumen Supaya Loyal Terhadap Bisnis Anda

Post a Comment