Cara Menggunakan Google Trends Untuk Strategi Konten
Jika kamu pemilik bisnis yang fokus mengembangkan bisnisnya di dunia digital, pasti kamu harus memiliki kreativitas membuat konten. Sesekali kamu kebingungan untuk menciptakan strategi konten apa yang harus dibuat. Cukup mudah sebenarnya untuk bisa menciptakan strategi konten. Buatlah topik konten yang sedang tren. Saat ini Google menciptakan inovasi dalam mengedepankan dunia digital dengan Google Trend untuk memudahkan orang menemukan apa saja yang sedang tren saat ini. Artikel ini akan bahas informasi dan cara menggunakan Google Trends untuk strategi konten.
Apa Itu Google Trends?
Google trends adalah fitur yang dimiliki Google untuk meriset kata kunci yang sering dipakai atau topik yang sedang populer saat ini. Fitur ini sering digunakan para marketer mendapatkan data pencarian untuk strategi konten. Layanan ini dapat digunakan secara gratis dan memberikanmu kemudahan untuk menemukan informasi yang sedang orang cari di mesin pencarian Google.
Fungsi Google Trends
Melalui Google Trends kamu dapat menggunakannya untuk menganalisa beberapa hal ini.
Tren kata kunci
Kamu dapat memahami tren sebuah kata dalam mesin pencarian. Kamu juga bisa memahami jenis bahasa yang digunakan target audiens.
Tren Musiman
Kamu dapat melihat minat audiens secara musiman. Tentunya membantu dalam merancang kalender editorial sehingga dapat menerbitkan konten yang relevan dengan minat target audiens.
Tren Regional
Kamu dapat melihat bagaimana kata kunci digunakan berdasarkan lokasi geografis tertentu.
Tren Terkait
Kamu juga dapat gunakan Google Trends untuk melihat topik terkait kata kunci yang kamu cari. Ini akan membantu untuk pahami perilaku pencarian pengguna lebih luas dan menemukan istilah yang relevan.
Cara Menggunakan Google Trends
Jika kamu sudah memiliki akun Google, cukup mudah untuk kamu bisa gunakan Google Trends.
Buka halaman Google Trends
Kamu perlu memiliki akun Google untuk bisa masuk ke halaman Google Trends.
Klik ikon garis tiga di pojok kiri atas
Setelah kamu masuk ke halaman Google Trends, klik ikon tiga baris di pojok kiri atas
Pilih penelusuran trending
Setelah klik ikon garis tiga, pilih penelusuran trending dan ketik kata kunci yang kamu inginkan
Google Trends langsung menampilkan data pencarian yang trending dalam 24 jam terakhir.
Begitulah informasi dan juga cara menggunakan Google Trends Untuk strategi konten yang bisa kamu gunakan sebagai keperluan strategi konten, SEO, dan riset pasar.
Optimalkan skill Digital Marketing kamu bersama Digital Marketing School
Ingin bisa mengelola social media lebih terstruktur dan terarah? klik DISINI
Follow Instagram kami juga di @digitalmarketingschool.id
[super_form id=”14361″]