Cara Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan di Sosial Media

Sosial media adalah salah satu tool marketing yang sangat menguntungkan bagi para pemilik bisnis melakukan digital campaign. Selain sebagai untuk branding, sosial media juga dapat dioptimalkan untuk trafik ke promosi, website, dan penjualan. Pelanggan adalah salah satu elemen paling penting dalam bisnis. Karena pelanggan ini adalah tipe konsumen yang selalu melakukan pengulangan pemesanan yang tentunya berpotensi untuk memberi keuntungan. Agar pemilik bisnis tahu sejauh mana pelanggan merasa selalu tertarik kembali untuk membeli. Maka, perlu untuk ketahui cara mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Pastikan kamu simak artikel ini sampai tuntas untuk tahu cara mengukur tingkat kepuasan konsumen di sosial media.

 

Apa Itu Kepuasan Pelanggan?

Arti dari kepuasan pelanggan yaitu tingkat atau indikator perasaan konsumen setelah membandingkan antara harapan dengan apa yang telah diterimanya. Sebagai contoh pelanggan akan merasa puas dengan nilai yang diberikan produk atau jasa, maka besar kemungkinan akan menjadi pelanggan dalam kurun waktu lama.

 

Cara untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan Di Sosial media

Suatu bisnis dapat dikatakan hebat jika sudah mendatangkan banyak pelanggan. Maka dari itu, sebagai pemilik bisnis kamu perlu mengetahui cara untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Respon yang baik dari pelanggan

Cara paling mudah untuk mengukur kepuasan pelanggan di sosial media adalah dengan melihat respon yang baik dari pelanggan. Respon yang baik dapat dilihat dari respon konsumen terhadap konten yang di posting, dan menghasilkan banyak likes, komen, dan juga mendatangkan pembeli.

Waktu respon pelanggan

Kamu perlu mampu untuk mengukur waktu respon pertama konsumen mulai bertanya baik di kolom komentar, direct message, dan waktu pelanggan rata-rata merespon atau mengabaikan. Dengan mengetahui waktu respon pelanggan, kamu akan memperbaiki kualitas pelayanan bisnis kamu di sosial media. Maka, bentuklah komunikasi yang baik dengan konsumen.

Kritik dan saran yang di dapat

Kritik dan saran dari konsumen akan sangat berharga bagi pemilik bisnis tahu sejauh mana kepuasan yang telah diberikan. Cukup mudah untuk dapatkan kritik dan saran. Pemilik bisnis hanya tinggal berikan konsumen untuk mengisi online form seperti Google form untuk pelanggan isi. Jadikan kritik dan saran yang positif atau negatif  sebagai pembelajaran untuk bisnis kamu berkembang. 

 

Itulah cara untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan di sosial media. Subscribe website kami untuk update info menarik lainnya. Optimalkan skill berbisnis dan digital marketing dengan mengikuti Online Course di  Digital Marketing School. Klik DISINI untuk informasi seputar online course.

Follow Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk mengetahui berita terupdate seputar digital marketing dan bisnis.

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment