Cari Tahu Jenis Copywriting Yang Efektif Dan Menarik Untuk Berjualan Online

Saat ini copywriting menjadi satu hal yang sangat penting bagi pemilik bisnis yang berjualan online. Rasanya seperti ada yang kurang jika berjualan online tanpa ada copywriting. Mungkin kamu semua pernah mengalami, ketika mampir ke sebuah profil akun bisnis, tak sadar kamu terhipnotis dengan kata demi kata ketika membaca copywriting. Bisa saja di awalnya kamu merasa tidak penting tapi ujungnya kamu malah tertarik? Seperti itulah gambaran fungsi dari copywriting. Penting sekali untuk kamu mengenal jenis copywriting yang bisa digunakan sebelum beriklan. Ingin tahu apa saja? Simak terus artikel ini sampai tuntas ya!

Arti Copywriting

Sebelum ketahui jenis copywriting, kamu harus tau dasar dari copywriting itu sendiri. Copywriting adalah seni mengolah kata-kata yang membuat pembaca nya melakukan suatu aksi. Hal yang biasa ada dalam copywriting adalah headline, konten, dan, call to action. Pada intinya dalam copywriting sendiri ada suatu hal yang ingin disampaikan, entah itu berjualan atau sekedar memberikan informasi.

Jenis – Jenis Copywriting

Jika kamu ingin menerapkan copywriting ke dalam bisnis, penting untuk sebelumnya mengenal jenis copywriting efektif yang bisa diterapkan.

Sales Copywriting

Tujuan dari sales copywriting adalah untuk berjualan. Isi dari sales copywriting ini adalah informasi yang ditujukan untuk calon consumer dan membuat mereka melakukan pembelian. Sales copywriting harus dibuat se-persuasif mungkin agar pembaca merasa tertarik. Buatlah produk kamu sebagai jawaban dari yang mereka butuhkan. Kamu bisa gunakan story telling, covert selling, dan hard selling dalam membuat sales copywriting. 

Copywriting SEO

Yang dimaksud dari copywriting SEO adalah untuk memaksimalkan kata kunci agar muncul di tingkat teratas pada halaman mesin pencarian. Yang harus kamu lakukan adalah membuat konten yang up to date dan sesuai dengan tren SEO.

Content Copywriting

Jenis copywriting ini adalah gabungan dari beberapa jenis copywriting sebelumnya. Mungkin kamu ingin berjualan, memberikan informasi produk, atau mengoptimalkan SEO. Dalam jenis ini, kamu harus membuat copywriting yang mendalam tentang produk dalam bentuk informasi menarik seperti artikel, konten penelitian atau berita, tips, dan lain sebagainya.

Copywriting Kreatif  

Copywriting kreatif adalah upaya untuk membuat konten yang memicu viral dan di share banyak orang. Dalam menulis copywriting kreatif kamu harus bisa memainkan psikologi pembeli dan juga menciptakan slogan atau tagline yang menarik.

 

Dari keempat jenis di atas, kamu sudah bisa tentukan mana jenis copywriting efektif untuk bisnis kamu?

Kamu juga bisa memaksimalkan skill copywriting dengan mengikuti online course Copywriting for Social Media dengan klik DISINI

Follow Instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk informasi update seputar digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment