unique selling point

Cipatakan Brand Unik dan Beda dengan Unique Selling Point

Pernah mendengar istilah Unique Selling Point sebelumnya? Untuk beberapa pebisnis pemula, mungkin istilah ini terdengar asing. Namun, tak apa-apa, kami akan menjelaskan secara rinci dan seberapa penting sebuah brand atau bisnis memilikinya. Pada dasarnya, ada hukum yang berlaku. Jika kita tidak memiliki USP, maka bisnis tersebut tidak bisa bersaing dengan bisnis lainnya yang memiliki keunikan dan membuat mereka beda dari yang lain sehingga mengajak konsumen wajib untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa mereka.

Simak ulasan selengkapnya yang sudah kami rangkum untuk kamu!

Fungsi Utama Memiliki Unique Selling Point

Apa yang menjadikan bisnis atau brand kamu berbeda, unik dan pastinya lebih baik dari brand kompetitor lainnya, inilah yang dimaksud dengan Unique Selling Point. Dalam prakteknya, kamu harus mampu menjelaskan USP dari produk atau jasa yang sedang kamu tawarkan. Selain itu, produk atau jasa kamu juga harus mampu memberikan manfaat atau nilai yang akan membuat konsumen membutuhkan produk atau jasa kamu.

Kunci utama dalam mendorong konsumen agar mau membeli atau menggunakan jasa maupun produk kamu adalah dengan memberikan keuntungan (benefit) dan harus melebihi keuntungan kompetitor kamu. Untuk itu mengapa point ini haruslah berfokus pada keuntungan yang paling penting yang bisa ditawarkan dan keuntungan apa yang hanya ada pada brand kamu.

Menciptakan Unique Selling Point

Inti dari membangun sebuah Unique Selling Point adalah kenali terlebih dahulu konsumen kamu. Apa yang mereka sukai, apa yang mereka tidak sukai dan apa yang sangat mereka butuhkan. Posisikan brand kamu sebagai sebuah solusi yang siap hadir untuk membantu mereka.

Mungkin kamu tidak akan asing mendengar beberapa kalimat ini. ‘Im Lovin It’ , ‘Life is Never Flat’ atau ‘Healthy Inside Fresh Outside’ . Sebenarnya ketiga slogan tersebut termasuk ke dalam jenis ini, namun USP tidak harus melulu berbicara soal slogan. Anda bisa menggunakan kalimat yang menunjukkan kelebihan dan nilai dari produk atau jasa Anda dan tunjukkan pada konsumen kamu agar mereka membaca dan tahu.

Jika kamu masih bingung bagaimana menciptakan sebuah Unique Selling Point yang tepat untuk brand kamu, mending ikutan kelas Copywriting for Social Media yuk. Di kelas ini, kamu bakal dapet banyak banget insight dan pengetahuan baru bagaimana menentukan USP untuk brand kamu. Selan itu, kamu juga akan mengetahui cara mengidentifikasi audience, menentukan sudut pandang penulisan, dan membuat media plan untuk produksi konten.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa lihat modulnya di website ini atau kunjungi Instagram kami.

Post a Comment