clickbait marketing

Clickbait Marketing, Baik atau Buruk Sih?

Pernah liat judul yang bikin kita terpancing buat baca ehhh tapi pas kita baca isi artikel atau kontennya, selamat Anda kena prank! Mungkin inilah mengapa sebagian orang menganggap konten yang isinya tidak sesuai dengan judul mereka sebut dengan Clickbait Marketing.

Pemasaran menggunakan trik clickbait sendiri memang masih jadi perdebatan banyak pihak, apakah baik untuk dilakukan atau justru harus dihindari?

Yuk simak ulasannya sampai akhir mengenai Clickbait Marketing!

Clickbait Marketing Tidak Selamanya Buruk, Kok..

Mayoritas orang berkata jika clickbait adalah hal yang cenderung menjurus ke arah kurang baik. Namun, sebenarnya clickbait bukan hal yang sepenuhnya buruk. Pengertian clickbait sendiri ialah tindakan menjanjikan sesuatu secara berlebihan. Biasanya tulisan berjenis clickbait akan sering di temukan pada judul atau headline konten.

Sudah bisa paham belum sampai sini? Kalau belum paham, kita buat paham lagi ya.

Jadi, berdasarkan pengertian di atas, sebenarnya clickbait marketing ini bukan hal yang buruk kok, justru merupakan konten yang memiliki judul yang menarik dan memancing atensi orang untuk membaca, namun isinya memang terkadang belum tentu sesuai dengan apa yang ditulis pada headline.

Pro dan Kontra Clickbait Marketing

Click bait marketing mengundang pro dan kontra dari beberapa pihak. Ada yang menilai jika clickbait marketing adalah trik marketing yang harus kita hindari. Namun, tak sedikit juga yang berpendapat bahwa clickbait marketing justru bisa saja menjadi trik pemasaran yang bagus asal cara pembuatannya benar dan sesuai.

Kita coba breakdown dari segi pro dan kontranya ya biar kalian paham

Kalo lihat dari segi pro nya, jika kamu membuat sebuah judul atau headline yang tidak melenceng dari isi kontennya, efek baiknya brand awareness kamu jadi makin bagus dong? Kalo brand awareness bagus, berdampak juga dengan peningkatan page views kamu.

Nah kalo dari segi kontra, jika kamu membuat konten yang melenceng jauh dari judul, efek baiknya bounce rate kamu naik tapi ada juga efek negatifnya seperti image perusahaan jadi terancam.

Manjur Tapi Cukup Beresiko

Kesimpulannya, clickbait marketing ini memang manjur untuk konten campaign atau konten kamu lainnya, tapi emang cukup beresiko. Jadi, buatlah judul atau headline yang menarik tanpa harus melenceng jauh dari isi kontenmu dan pastikan isinya benar-benar sesuai dengan apa yang kamu janjikan pada audiens.

Yuk kunjungi Instagram kami atau website untuk dapat informasi terbaru seputar digital marketing dan juga kelas training Digital Marketing. 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment