Digital Marketing Funnel dan Proses Tahapan nya
Perubahan teknologi dan zaman membuat sektor bisnis pun kini turut beradaptasi. Salah satu adaptasi yang dilakukan adalah melakukan strategis pendekatan baru melalui digital. Karena saat banyak orang menghabiskan waktu mereka sebagian besar di sosial media, Anda sebagai pebisnis harus hadir dengan mampu memberikan edukasi, informasi serta solusi bagi para customer Anda. Strategis marketing dalam ruang digital disebut juga dengan digital marketing funnel.
Dalam digital marketing, digital marketing funnel memiliki tahapan yang sangat berkaitan satu sama lain untuk menghasilkan sebuah konversi. Seperti apa strategi dan tahapannya? Simak ulasannya berikut ini.
Awareness dan Interest
Kedua jenis digital marketing funnel ini merupakan tahap awal sebelum calon pembeli melakukan keputusan untuk membeli produk atau jasa Anda. Pada tahap awareness, Anda melakukan pendekatan yang bertujuan agar calon pembeli Anda mengenal terlebih dahulu brand bisnis Anda. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap sebuah brand.
Setelah awareness, calon pembeli perlahan akan mulai memiliki rasa ketertarikan untuk mencoba membeli atau menggunakan produk. Bahkan dalam beberapa kondisi, jika Anda mampu membangun awareness yang baik kepada calon pembeli, secara sukarela calon pembeli akan mencari tahu lebih dalam mengenai bisnis Anda. Jika begini, tandanya calon customer sudah mulai tertarik dengan brand bisnis Anda.
Consideration dan Intent
Tahap selanjutnya dari adalah consideration. Dalam tahapan ini, calon pembeli sudah memiliki rasa yang setingkat lebih tinggi dari hanya sekedar rasa ketertarikan saja, melainkan adanya aksi untuk memutuskan menghubungi penyedia produk yang diiginkan untuk menanyakan lebih rinci mengenai produk kesukaan mereka.
Selanjutnya, Intent. Tahapan digital marketing funnel yang satu ini dimana saat pembeli mulai ada rasa minat untuk membeli atau menggunakan produk karena dirasa produk memiliki nilai dan manfaat yang bisa menjadi solusi dari masalahnya.
Decision/ Action
Nah di tahap terakhir dari digital marketing funnel ini, calon pembeli sudah mulai memutuskan untuk melakukan aksi pembelian terhadap produk yang akan digunakan. Pembeli akan melakukan transaksi pembayaran dan dalam tahap ini, penting untuk tetap membangun relasi dan meningkatkan loyalitas pelanggan misalnya dengan memberikan garansi atau layanan tanya jawab.
Kamu juga bisa mendapatkan materi lebih banyak dan mendalam mengenai digital marketing funnel dengan mengikuti kelas Digital Business Class Professional Program. Cari tahu seputar info nya di website dan Instagram Digital Marketing School.
[super_form id=”14361″]