belajar copywriting

Facebook luncurkan Fitur ‘Facebook Shops’ untuk pebisnis UKM

Di masa pandemi ini, banyak bisnis kecil/ UKM yang sedang berjuang, dan berbondong – bondong membawa bisnis mereka ke online. Untuk memberdayakan para pebisnis UKM, membuat transaksi jual beli menjadi lebih mudah, dan terhubung dengan customer. Facebook luncurkan fitur ‘Facebook Shops’ untuk pebisnis UKM.

[VIDEO]

Apa Kegunaan Facebook Shops?

Facebook Shops memudahkan bisnis untuk membuat satu toko online untuk diakses oleh customer di dua platform sekaligus,  di Facebook dan Instagram. Juga, membuat Toko online gratis dan mudah digunakan. Disini kamu dapat memilih produk yang ingin kamu tampilkan dari katalogmu dan kemudian menyesuaikan tampilan dan nuansa toko dengan gambar sampul dan warna aksen yang menunjukkan personal branding mu. Itu artinya, dengan fitur ini, kamu dapat membawa bisnismu ke online dan terhubung dengan customer dimanapun dan kapanpun. 

Pengguna dapat mengakses Facebook shop di halaman Facebook bisnis atau profil Instagram, atau menemukannya melalui story atau iklan. Dari sana, customer dapat menelusuri koleksi lengkap, menyimpan produk untuk dibeli nanti, dan melakukan pemesanan, baik di situs web bisnismu atau checkout langsung.

[VIDEO]

https://about.fb.com/wp-content/uploads/2020/05/FBShops_colored.jpeg?fit=890%2C501

Di Facebook Shops kamu dapat mengirim pesan bisnis melalui WhatsApp, Messenger atau DM Instagram untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan testimoni, melacak pengiriman, dan banyak lagi. Nantinya, Kamu akan dapat melihat toko bisnis dan melakukan pembelian langsung melalui pesan WhatsApp, Messenger atau DM Instagram.

https://about.fb.com/wp-content/uploads/2020/05/WhatsApp-Integration_Colored.jpeg?fit=890%2C501

Facebook juga berinvestasi dalam fitur antar aplikasi seperti Instagram Shop, live shopping, dan banyak lagi yang akan diintegrasikan dengan Facebook Shops untuk membantu pelanggan menemukan produk yang mereka minati dan melakukan pembelian lebih mudah.

Instagram Shop: Tempat untuk Menemukan Produk dan Brands. 

Instagram berintegrasi dengan Facebook memperkenalkan Instagram Shop, cara baru untuk menemukan dan membeli produk yang kamu sukai di Instagram Explore. Kamu akan dapat inspirasi dengan koleksi dari @shop, Telusuri pilihan dari merek dan pencipta favoritmu, di filter  berdasarkan kategori seperti Kecantikan dan Furniture, dan membeli hal hal yang Anda sukai di satu tempat. Dan akhir tahun ini, Instagram akan menambahkan tab toko baru di bilah navigasi, sehingga kamu dapat masuk ke Instagram Shop hanya dalam satu ketukan.

https://about.fb.com/wp-content/uploads/2020/05/IGShopCheckout_Colored.jpeg?w=1024

Fitur Live Shopping

Banyak pengguna Instagram yang menggunakan live video di aplikasi untuk memamerkan produk mereka. Sekarang, Instagram membuatnya lebih mudah untuk berbelanja produk secara langsung. Nantinya, penjual, Brand, dan Creators akan dapat menandai produk dari Facebook Shop atau katalog sebelum melakukan IG live dan produk tersebut akan ditampilkan di bagian bawah video sehingga orang dapat dengan mudah mengetuk untuk mempelajari lebih lanjut dan membeli. Instagram mulai menguji ini melibatkan beberapa bisnis di Facebook dan Instagram, dan akan meluncurkannya secara lebih luas dalam beberapa bulan mendatang.

LiveShopping_IG_Colored

Menghubungkan Program Loyalitas ke Akun Facebook

Kami juga menguji cara untuk membuat pengguna lebih mudah mendapatkan hadiah dari toko online favorite dengan memungkinkan mereka untuk menghubungkan program loyalitas bisnis kamu, seperti program poin di kafe lokal, ke akun Facebook mereka misalnya. Pengguna juga akan dapat dengan mudah melihat dan melacak poin dan hadiahnya.

https://about.fb.com/wp-content/uploads/2020/05/FBLoyaltyProgram_Colored.jpeg?w=1024

Bekerjasama dengan Mitra

Facebook juga bekerjasama dengan mitra seperti Shopify, BigCommerce, WooCommerce, ChannelAdvisor, CedCommerce, Cafe24, Tienda Nube, dan Feedonomics untuk memberi dukungan yang dibutuhkan pebisnis UKM. Platform tersebut menawarkan tools yang powerful untuk membantu pengusaha memulai, menjalankan bisnis mereka dan bergerak secara online. Tak hanya itu, platform yang disebutkan juga akan membantu bisnis UKM membangun dan mengembangkan Facebook Shops mereka dan menggunakan tools jual beli yang lain.

Ikuti Online Course Digital Marketing disini dan tetap up to date dengan follow Instagram kami disini 

Source: https://about.fb.com/news/2020/05/introducing-facebook-shops/

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment