Fitur Baru Lagi! Meta Uji Coba Fitur NFT di Facebook dan Instagram

NFT alias Non-Fungible Token merupakan aset digital yang akhir-akhir ini lagi populer di jagat dunia maya. Berbagai seniman digital di banyak belahan dunia mulai gencar menjual karyanya ke situs penyedia NFT seperti OpenSea, Nifty Gateway, dan Rarible. Untungnya, Mark Zuckerberg mengonfirmasi bahwa akan ada uji coba fitur NFT di Facebook dan Instagram per Mei 2022. Apa saja yang sudah ia siapkan di dalam fitur ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah!

Fitur NFT di Instagram

Saat ini, Instagram sedang melaksanakan uji coba fitur NFT yang hanya bisa di akses oleh pengguna terpilih di USA. Beberapa pengguna terpilih tersebut merupakan kolektor dan kreator NFT agar mereka bisa membagikan aset digital di Instagram. Tampilan profile Instagram pun terlihat berbeda, karena terdapat sebuah kolom tambahan yang nantinya akan berisi NFT dalam bentuk musik, gambar, atau video. Untuk memperdagangkan NFT, mereka perlu menghubungkan akun Instagram dengan dompet digital; pihak ketiga yang memfasilitasi dompet digital tersebut adalah Trust Wallet, Rainbow, dan Metamask.

Fitur NFT di Facebook

Selain Instagram, Meta mengembangkan fitur NFT di Facebook. Sedikit berbeda dengan Instagram, fitur NFT di Facebook akan memungkinkan penggunanya menerapkan aset digital masing-masing sebagai foto profil akun Facebook. Facebook juga akan menjadi wadah besar bagi komunitas NFT untuk berdiskusi dan jual beli aset digital. Jika saat ini komunitas NFT menggunakan Discord untuk berkomunikasi, maka kemungkinan besar Facebook akan menjadi ‘basecamp’ mereka di masa yang akan datang.

Perkembangan Meta dalam Merancang Fitur NFT

Nampaknya, saat ini fitur NFT sedang dalam perkembangan pesat di Instagram. Pada Mei 2022, Mark Zuckerberg menginfokan bahwa tim Meta tengah mengeksekusi fitur NFT dalam bentuk Augmented Reality (AR) atau yang mereka sebut 3D NFT. Fitur ini nantinya dapat di nikmati di dalam story Instagram dengan bantuan Spark AR. Selain itu, sejumlah kreator pun sudah bisa memamerkan karya mereka yang di sebut ‘digital collectibles’ dalam bentuk feed, story, dan direct message. Mereka bisa menambahkan tag berisi nama kreator dan pemilik.

Itu dia fitur terbaru yang akan segera di rilis di Facebook dan Instagram. Apakah kamu tertarik untuk uji coba fitur NFT kalau sudah hadir di Indonesia? Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Oh iya, bagi kamu yang berminat terjun ke dunia digital marketing, bisa banget ikutan sertifikasi digital marketing dari Digital Marketing School! Kamu bakal di bimbing oleh mentor berpengalaman dan mendapatkan sertifikat resmi dari BNSP yang pastinya sudah di akui oleh negara. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu lewat link berikut atau DM Instagram kami ya!

Post a Comment