Formula Copywriting Untuk Iklan yang Singkat tapi Menjual

Copywriting menjadi hal yang wajib untuk dikuasai sejak penjualan di era sekarang lebih banyak berkutat di dunia digital. Untuk itu, copywriting ada buat menjembatani penjual dan pembeli bertemu di “pasar digital”. Namun, faktanya ketika kamu menuliskan deskripsi atau memberikan info produk tidak serta merta apa yang kamu tawarkan laku di pasaran. Faktanya ada beberapa formula yang harus kamu perhatikan ketika menuliskan copywriting. Salah satunya FAB yang merupakan formula copywriting untuk iklan yang singkat tapi menjual.

Apa itu formula FAB?

Formula yang paling umum digunakan dalam copywriting adalah AIDA. Kamu mungkin udah tidak asing kan dengan formula itu? Tapi pernahkah kamu mengenal formula FAB? Kalau kamu belum begitu memahami atau baru banget denger istilah ini, maka artikel ini buat kamu banget. 

FAB merupakan salah satu teknik dalam membuat copywriting. FAB merupakan akronim dari feature, advantage, dan benefit. Formula ini cocok untuk mereka yang lebih mementingkan feature produk daripada hal-hal lainnya. Copywriting jenis ini juga umumnya lebih singkat karena hanya terdiri dari tiga hal pokok. Yuk, kita bahas lebih dalam!

Feature

Feature merupakan spesifikasi dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Sebelum memulai copywriting dengan menggunakan formula FAB penting buat kamu untuk membuat daftar spesifikasi yang sekiranya unik dan berguna untuk konsumen kamu nantinya. Contoh feature yang ada dalam suatu produk.

  • Hijab dengan pelapis anti mikroba.

Advantage

Menggunakan contoh kalimat di atas untuk mendeskripsikan produk kamu mungkin tidak akan banyak menarik perhatian. Makannya kamu butuh bumbu-bumbu lain yang lebih powerful supaya kalimat di atas lebih menarik perhatian dan menjual. Kamu bisa menambahkan fungsi dari feature produk kamu, itulah yang dinamakan advantage. Contoh penambahan advantage untuk kalimat di atas.

  • Anti mikroba menjadikan kuman dan bakteri gak gampang berkembang biak di hijab.

Benefit

Menjelaskan feature dan advantage saja belum cukup, karena calon konsumen kamu masih sedikit clueless. Tambahkan benefit atau keuntungan apa yang akan didapatkan dari advantage sebelumnya. Benefit juga berarti ada kebutuhan pembeli yang dipuaskan dengan membeli produk yang kamu tawarkan. Contoh penambahan benefit dari produk di atas.

  • Sehingga menjaga kamu tetap fresh bebas bau meskipun kamu beraktivitas seharian.

 

Nah, itulah penjelasan tentang formula FAB ini. Kamu bisa menggunakan formula ini sebagai salah satu style dalam menulis copywriting yang singkat tapi menjual. Pelajari lebih lanjut bagaimana copywriting yang baik dengan mengikuti online course Copywriting for Social Media hanya di Digital Marketing School. Klik DI SINI untuk info lebih lengkapnya. 

Follow instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk mengetahui info terbaru seputar digital marketing dan bisnis.

 

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!
Nomor Handphone
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!
Email
Bidang wajib diisi!
Bidang wajib diisi!

Post a Comment