Gimana Cara Memilih Nama Domain yang Baik? Gini Nih 10 Tips yang Tepat

Memilih nama domain yang mirip dengan nama perusahaan membutuhkan pemikiran dan pertimbangan. Karena ini adalah identitas Anda di Web; Pastikan Anda memilih nama yang tidak hanya cocok untuk bisnis Anda, tetapi juga mudah untuk ditemukan dan dipromosikan. Ikuti langkah-langkah berikut dalam membantu Anda:

Pelajari teknik membangun webstie online shop sendiri untuk bisnis Anda.

1. Buatlah yang Mudah Diketik

Mencari nama domain yang mudah untuk diketik sangat penting untuk mencapai kesuksesan secara online. Jika Anda menggunakan bahasa non formal (u bukan you) atau kata-kata dengan beberapa ejaan (express vs xpress), mungkin akan lebih sulit bagi pelanggan untuk menemukan situs Anda.

2. Pilih Nama yang Pendek

Jika nama domain Anda panjang dan rumit, hal ini cukup beresiko bagi pelanggan untuk salah ketik atau salah mengeja. Pendek dan sederhana adalah cara yang tepat dalam pemilihan nama.

Baca juga: Ketahui Kategori Produk yang Paling Dicari Konsumen di Online Shop

3. Gunakan Kata Kunci

Coba gunakan kata kunci yang dapat menjelaskan bisnis dan layanan yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, jika Anda seorang bisnis penggantian kaca, Anda mungkin bisa daftarkan GlassRepair.com atau GlassReplacement.com. Sertakan kata kunci yang dapat dimasukkan ketika orang mencari produk atau jasa Anda. Karena cara ini dapat meningkatkan peringkat Anda di search engine (meningkatkan traffic) dan lebih masuk akal bagi pelanggan.

4. Targetkan Daerah Anda

Jika bisnis Anda adalah lokal, pertimbangkan kota atau negara yang masuk dalam nama domain Anda. Hal ini untuk mempermudah pelanggan lokal menemukan dan mengingat domain Anda.

Baca juga: Apa Saja Hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Menentukan Harga Jual Produk?

5. Hindari Penggunaan Angka dan Tanda Hubung

Angka dan tanda hubung sering di salah pahami. Karena orang yang mendengar alamat website Anda tidak tahu apakah Anda menggunakan angka (5) atau lima terbilang (lima) atau mereka salah atau lupa tanda hubung. Jika Anda membutuhkan ini di domain, maka daftarkan dengan variasi yang berbeda agar lebih aman.

6. Jadilah Memorable

Ada jutaan nama domain terdaftar, sehingga memilki domain yang catchy dan mudah diingat adalah penting. Setelah Anda menemukan sebuah nama untuk domain, berbagilah dengan teman-teman dekat untuk memastikan kedengarannya menarik dan masuk akal bagi orang lain.

Baca juga: Ketahui 12 Keunggulan Menggunakan CMS WordPress untuk Pembuatan Website Online Shop

7. Teliti Terlebih Dahulu

Pastikan nama domain yang dipilih tidak bermerek dagang, hak cipta atau digunakan oleh perusahaan lain. Ini bisa menimbulkan kekacauan hukum yang besar hingga menghabiskan biaya banyak.

8. Gunakan Nama Domain Tepat Guna Ekstensi

Ekstensi adalah akhiran, seperti COM atau NET, pada akhir alamat Web. Ini memiliki kegunaan tertentu, jadi pastikan untuk memilih satu yang bekerja untuk bisnis Anda. COM jauh lebih popular, tapi di sini ada beberapa ekstensi top lainnya dan sering digunakan:

.co: singkatan untuk perusahaan, perdagangan, dan masyarakat

.info: situs informasi

.Net: teknis, situs infrastrukstur Internet

.Org: organisasi non-komersial dan non-profit

.Biz: bisnis atau komersial, seperti situs e-commerce

.me: blog, resume atau situs pribadi

Baca juga: Manfaat Strategi Content Marketing dalam Mengembangkan Bisnis Digital

9. Lindungi dan Bangun Merek Anda

Untuk melindungi merek, Anda harus membeli berbagai ekstensi domain, serta versi salah eja nama domain Anda. Hal ini untuk mencegah pesaing mendaftarkan versi lain dan memastikan pelanggan Anda diarahkan ke situs web Anda, bahkan jika mereka salah ketik.

10. Bertindak Cepat

Nama domain cepat laku, untungnya juga murah, jadi daftarkan sesegera mungkin. Jika Anda mengalami kesulitas dalam menemukan nama yang tersedia, daftarkan domain ke jasa sebagai alternative selagi Anda mencari nama domain yang sempurna.

Post a Comment