Hati-hati 5 Kesalahan dalam Berbisnis di Instagram

Instagram merupakan sosial media yang sangat booming belakangan ini. Namun ternyata masih banyak yang menggunakan Instagram hanya untuk bernarsis ria, kemudian saat ada keinginan untuk berbisnis, mereka belum mengetahui cara yang baik dan benar, akhirnya berujung dengan melakukan banyak kesalahan pada akun jualannya.

Pelajari strategi membuat Instagram bisnis Anda menjadi lebih powerfull.

Ada beberapa kesalahan yang menghambat penjualan Anda di sosial media Instagram. Berikut 5 kesalahan di Instagram yang perlu Anda hindari:

1. Spamming

Masih banyak akun online shop yang melakukan spamming ke akun-akun besar seperti selebgram atau artis. Cara ini sangat tidak elegant dan mengganggu banyak pemilik akun. Anda mungkin sering melihat ada komen di akun selebgram seperti, “mampir kakak.. lagi ada promo special ni..”

Baca juga: Strategi Promosi Diskon Palng Menarik Perhatian Konsumen

Spamming seperti itu tidak akan berefek pada jualan Anda, yang ada malah tidak berkah karena mengganggu orang dan juga terlihat seperti online shop yang tidak profesional.

2. Frekuensi Posting

Niat Anda memang berjualan dan mendapatkan keuntungan tapi perlu diperhatikan frekuensi posting Anda, baik di newsfeed maupun di IG stories. Jangan terlalu sering posting, karena hal tersebut bisa mengganggu followers Anda dan sangat beresiko di unfollow oleh mereka. Beriklanlah dengan jeda yang cukup agar feed dan IG stories Anda diminati banyak orang.

Baca juga: Langkah-langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Membentuk Sebuah Tim Digital Marketing

3. Beli Followers

Anda tentu pernah ditawari untuk beli followers agar terlihat banyak dan akhirnya orang-orang akan ikut follow Anda. Ini adalah salah satu strategi Instagram marketing yang salah dan dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya memang benar, tapi yang ada kuantitas pembeli Anda tidak akan meningkat. Karena sama saja dengan membohongi diri sendiri. Tidak ada keuntungan dari membeli fake followers yang tidak pernah berinteraksi.

4. Malas Berinteraksi

Saya perhatikan banyak online shop yang kurang merespon pertanyaan followers di kolom komentar atau DM. walaupun orderan Anda banyak, luangkanlah waktu untuk membalas mereka. Atau Anda tekankan di gambar yang diupload bahwa fast respons hanya di WA atau LINE, agar mereka juga paham akan hal tersebut.

Baca juga: Pahami Cara Membaca Instagram Insight untuk Bisnis Anda

Perlu Anda ingat, bahwa salah satu perhitungan algoritma Instagram agar feed Anda muncul di followers Anda salah satunya adalah dengan membangun interaksi dengan followers. Jika interaksi Anda dengan followers sangat minim, maka upload-an Anda tidak muncul di news feed mereka.

5. Tidak Menggunakan Hashtag

Hastag merupakan sebuah kata kunci di Instagram, sama halnya saat Anda sedang mengetikkan kata kunci di Google. Fungsi ini sangat berpengaruh besar saat ada orang yang mencari produk Anda.

Post a Comment