Ikuti Strategi Optimalkan Hashtag Instagram Untuk Bisnis Online

Hashtag Instagram kini menjadi sangat penting karena perkembangan Instagram yang bukan hanya untuk berbagai momen dengan foto, video dan berinteraksi dengan kerabat maupun teman, namun juga kini penggunaannya bisa menjadi potensi bisnis yang luar biasa, melihat era perubahan ke arah digital yang semakin pesat.

Fitur Hashtag Instagram bisa digunakan dalam postingan baik berbentuk Feeds, Instagram TV maupun Reels. Keliatannya gampang ya, kamu hanya perlu mencari hashtag yang banyak dicari orang-orang di Instagram kemudian gunakan di setiap postinganmu.

Eits, no no…nggak semudah itu cara penggunaannya. Hashtag memiliki peran penting untuk membawa bisnismu terjangkau dengan luas sehingga kamu bisa mendapatkan target pasar baru. Untuk itu, kamu perlu tau bagaimana cara melakukan strategi mengoptimalkan Hashtag Instagram untuk bisnis onlinemu nih. Baca artikel nya sampai habis ya.

Letakkan Hashtag Instagram dengan Tepat

Langkah pertama mengoptimalkan Hashtag Instagram agar bisa bekerja dengan lebih powerful adalah meletakkan hashtag dengan baik dan tepat. Ada 5 jenis hashtag yang bisa kamu taruh, pertama Branded Hashtag, ini merupakan hashtag yang menunjukkan brand bisnismu. Seperti nama bisnis, jenis bisnis, dan apa yang dijual oleh bisnis tersebut.

Kedua, Contest Hashtag, ini jika kontenmu mengandung sesuatu yang bersifat kontes atau event seperti giveaway, special offer dan lainnya. Ketiga, General Appeal Hashtag, ini merupakan jenis hashtag yang wajib ada di setiap kontenmu. Keempat, Niche Specific Hashtag, jenis ini menggunakan hashtag yang mentargetkan pasar Anda. Contohnya Anda menjual aksesoris sepeda maka Niche Specific Hashtag nya adalah #bikeraccessories , #aksesorispesepeda dan lainnya.

Yang terakhir ada Timely Hashtag, jenis ini untuk menonjolkan peristiwa atau hari besar yang saat itu sedang terjadi seperti #christmasday , #happyeidadha , #ramadhan dan yang lainnya.

Perhatikan Jumlah Hashtag Instagram

Dalam menggunakan Hashtag Instagram tidak bisa sembarangan. Jika terlalu banyak, tentu akan menurunkan kualitas dan kredibilitas bisnis Anda di mata target pasar. Gunakan setidaknya maksimal 10 artikel dengan pembagian 5 General Hashtag, 3 Niche Specific Hashtag dan 2 Branded Hashtag.

Atur Hashtag Sesuai dengan Topik

Langkah terakhir adalah mengatur nya sesuai dengan topik konten. Jangan sampai kamu terlalu sering meng-copy paste hashtag untuk semua konten, jika begini kamu tidak akan bisa menganalisis mana konten yang audiens sukai.

Selalu atur kembali hashtag sesuai konten dan topik yang sedang dibahas. Agar kamu bisa mempromosikan bisnis mu ke target dari banyak kalangan. Jadi, gak itu itu aja.

Itu dia strategi dalam mengoptimalkan hashtag yang baik dan tepat untuk bisnis onlinemu. Kunjungi selalu website kami untuk dapatkan informasi terbaru mengenai bisnis dan Digital Marketing. Jangan lupa follow Instagram kami juga di @digitalmarketingschool.id ya!

Post a Comment