Ingin Menjadi Brand Top of Mind? Ini Dia Tipsnya!
Sadar nggak sih kalau kita lebih terbiasa menyebutkan nama brand daripada jenis barangnya? Contohnya, kita lebih terbiasa menyebut โAquaโ ketimbang air mineral, atau menyebut minuman bersoda dengan coca-cola?
Secara nggak sadar, perilaku kita ini adalah cerminan keberhasilan brand awareness dan kekuatan dari brand yang berhasil mendominasi โTop of Mindโ konsumen. Apa pun barangnya, yang konsumen ingat adalah brand tersebut.
Singkatnya, Top of Mind Awareness (TOMA) adalah brand, produk, atau layanan yang pertama kali muncul di benak konsumen dalam kategori atau niche tertentu. TOMA bisa juga memiliki asosiasi negatif, karena terkadang brand yang pertama kali konsumen inget itu adalah brand yang nggak mereka sukai atau yang baru-baru ini terlibat skandal atau viral.
Tetapi menjadi brand top of mind memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah marketing menjadi lebih efektif. Lalu, bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai akhir ya!
Memiliki Brand Identity yang Kuat
Kamu harus memiliki brand identity yang kuat untuk menjadi brand top of mind. Pastikan agar konsumen teringat brand kamu sebelum brand kompetitor. Pastikan branding yang kamu buat, nggak cuma unik dan menarik saja, tetapi juga harus konsisten.
Punya Tagline dan Slogan yang Menarik
Tagline yang menarik akan membantu perusahaan kamu terlihat berbeda dari perusahaan lain yang menyediakan produk serupa. Selain tagline, kamu juga harus memiliki slogan yang menarik. Slogan paling sering digunakan untuk mewakili lini marketing campaign produk tertentu. Tagline dan slogan yang menarik akan memudahkan brandmu di ingat konsumen.
Berikan Pengalaman Berbelanja Terbaik
Ciptakan pengalaman berbelanja terbaik di toko kamu agar ketika konsumen membeli produk kamu, konsumen akan mengingat terus toko kamu dan otomatis produkmu. Berikan pengalaman berbelanja terbaik ini baik untuk pembelian online maupun offline.
Bangun Visibilitas Brand Secara Online
Selain memiliki ciri khas untuk diingat konsumen, brand kamu juga perlu terlihat di mana-mana agar konsumen makin teringat akan brand kamu. Hadirkan brand kamu di semua online channel. Mulai dari media sosial, e-commerce hingga optimasi SEO.
Program Loyalitas Omnichannel
Langkah terakhir yang bisa kamu lakukanย adalah menggunakan omnichannel. Omnichannel akan membantu kamu dalam menciptakan strategi yang mulus dan menjaga konsistensi.ย
Itu dia tips untuk menjadi brand top of mind. Jadikan brand kamu memiliki kesan yang mendalam di hati konsumen ya, karena brand awareness adalah pendorong utama dalam keputusan pembelian konsumen. Semoga tips tersebut bisa membantu kamu ya!ย
Kalau ingin tau tips dan trik lainnya seputar Digital Marketing, silakan follow Instagram kami dan kunjungi website Digital Marketing School ya!