istilah digital marketing

Ingin Terjun ke Dunia Digital Marketing? Pahami Dulu Istilah Digital Marketing Ini!

Apakah kamu bermimpi untuk menjadi seorang Digital Marketer? Di era serba canggih ini, Digital Marketing menjadi profesi yang cukup banyak di gandrungi. Di balik kerennya profesi ini, ternyata ada banyak istilah digital marketing yang akan banyak kamu temukan dalam kegiatan pemasaran. Kalau belum mengerti istilah-istilah tersebut, kamu akan kesulitan dalam memahami proses pemasaran digital lho. Maka dari itu, yuk kenalan dulu sama istilah digital marketing berikut biar kamu lebih siap dalam menghadapi dunia digital!

Inbound Marketing

Istilah digital marketing pertama yang perlu kamu ketahui adalah Inbound Marketing. Maksud dari istilah ini adalah aktivitas pemasaran yang berfokus pada pendekatan calon pelanggan untuk datang ke suatu situs. Cara paling umumnya adalah membuat konten sesuai dengan minat calon pelanggan. Jika tertarik, maka mereka akan mengklik website tersebut dan di harapkan mau membeli produk yang tersedia pada website.

Unique Visitor

Unique Visitor adalah pengunjung unik yang belum pernah mengunjungi situs web. Pengunjung unik akan tetap dihitung 1 setiap kali mereka mengunjungi sebuah website, walaupun mungkin mereka membukanya berkali-kali. Seorang Digital Marketer dapat memanfaatkan Unique Visitor untuk menentukan efektifitas iklan. Semakin banyak Unique Visitor yang mereka dapatkan, maka semakin efektif dan optimal iklan yang mereka jalankan.

Bounce Rate

Istilah digital marketing yang satu ini akan jadi istilah yang paling sering kamu dengar. Bounce rate menunjukkan persentase calon konsumen mengunjungi suatu website, serta berapa lama mereka membuka website tersebut. Bounce rate akan dihitung dari skala 0 – 100; uniknya, jika sebuah website menunjukkan nilai bounce rate mendekati 100, maka artinya kurang baik. an mengindikasikan kesalahan pada strategi yang sudah kamu buat. Justru, nilai bounce rate yang bagus adalah angka kecil yang mendekati 0.

Pay-per-Click

Selain kedua istilah digital marketing di atas, ada juga Pay-per-click, yakni jumlah pengguna unik yang mengklik iklan kamu. Untuk beriklan di mesin pencari, kamu perlu membayar ke mesin pencari tersebut agar iklan kamu muncul di peringkat teratas. Jumlah nilai yang harus kamu bayar dihitung dari setiap klik yang didapatkan. Ini menjadi cara tercepat agar pengunjung mau datang ke website kamu.

Page View

Terakhir adalah Page View. Istilah digital marketing ini diartikan sebagai sebuah halaman web yang muncul saat pengunjung mengklik suatu situs web. Dengan page view, kamu dapat mengetahui halaman web mana yang paling sering pengunjung lihat dan mana yang paling jarang mereka lihat. Misalnya, pengunjung sedang membuka 5 halaman website, maka page view akan bertambah menjadi 5, tapi pengunjungnya tetap dihitung 1.

Gimana, sekarang kamu sudah paham kan beberapa istilah digital marketing? Pahami dan praktikan istilah tersebut agar kamu semakin siap menjadi digital marketer ya! Mau tahu info lebih lengkap seputar digital marketing lainnya? Kunjungi website kami dan follow Instagram Digital Marketing School ya!

Post a Comment