Apa itu Facebook Pixel

Apa itu Facebook Pixel dan Apa Kegunaannya?

 Menggunakan layanan advertising di berbagai platform social media menjadi hal sepertinya wajib digunakan di zaman sekarang. Facebook salah satunya menjadi tempat yang dipilih para pebisnis untuk mempromosikan produk maupun jasa. Namun, apakah menggunakan Facebook ads cukup? Ternyata tidak loh! ada satu tools dari social media Facebook yang sangat powerful, namanya Facebook Pixel, mari simak bagaimana tools ini bekerja dan apa keuntungannya.

 

Facebook Pixel Itu?

Facebook Pixel adalah tools plugin berupa kode yang ditambahkan ke website. Kode tersebut berupa javascript yang diletakan di header/footer atau di bagian-bagian lain sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Tools ini bekerja dengan cara mengumpulkan data aktivitas pengguna website. Ibaratnya tools ini itu adalah CCTV website yang merekam segala aktivitas pengguna terhadap websitemu seperti: siapa yang mencari produk; siapa yang hanya melihat-lihat; maupun siapa yang sudah membeli.

 

Mengapa Harus Facebook Pixel?

Jika kamu memiliki website bisnis dengan traffic yang tinggi, tetapi kamu tidak memiliki data pengunjung maka bisa jadi kamu telah menyia-nyiakan kesempatan untuk meningkatkan konversi penjualanmu. Dengan Facebook Pixel kamu bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk retargeting audiens. 

Pada dasarnya Facebook Pixel sama seperti tools tracker yang lain misal Google Analytics maupun Histats, hanya saja Facebook Pixel tidak menyia-nyiakan setiap data kunjungan audiens. Yang mana hal itu bisa dijadikan “bahan baku” untuk website costume audiens. 

 

Retargeting dengan Facebook Pixel

Karena tools ini mengumpulkan setiap aktivitas pengguna dalam website bisnis, kamu bisa mengatur dan menawarkan produk kepada orang yang sebelumnya tertarik dengan apa yang kamu tawarkan di websitemu. Bukan tidak mungkin dengan retargeting audiens kamu bisa menghasilkan konversi rate yang menguntungkan. Berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan Face book Pixel di website bisnis.

  • Mengetahui halaman URL yang telah dikunjungi audiens. 
  • Memisahkan audiens berdasarkan halaman URL yang telah dikunjungi. Hal tersebut berguna untuk retargeting audiens yang telah melakukan aktivitas di website kamu ataupun yang sama sekali belum melakukan aktivitas.
  • Mengetahui kunjungan dalam jangka waktu tertentu.

 

Penjelasan di atas mungkin hanya bagian awal dan sebagian kecil tentang FacebookPixel. Masih banyak lagi yang perlu kamu ketahui tentang tools yang super powerful ini atau mungkin belajar hal yang lain? Bisa banget. Ayo bergabung di online course Facebook Ads Level Up hanya di Digital Marketing School. Kik DISINI untuk info lebih lanjut tentang online course lainnya.

Kunjungi instagram kami di @digitalmarketingschool.id untuk tetap terus update seputar digital marketing.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment