Followers Tiba-Tiba Menurun? Hati-Hati Kena Shadowban Instagram!

Pernahkah kamu mengalami penurunan followers secara tiba-tiba dengan jumlah yang drastis? Nah, bisa saja itu pertanda akun Instagram kamu kena Shadowban. Walaupun sebenarnya Instagram nggak membenarkan bahwa hal ini benar-benar ada, tapi hal ini memang berpeluang terjadi di akun Instagram siapa saja. Yuk kita cari tahu Shadowban lebih jauh lagi!

Penjelasan Shadowban Instagram

Shadowban adalah cara Instagram untuk memblokir konten yang pengguna bagikan. Saat hal ini terjadi, konten mereka nggak akan muncul di laman explore Instagram. Nggak cuma itu, hashtag yang kamu sisipkan di caption juga nggak akan terbaca sama Instagram. Kalau hal ini terjadi terus-menerus, engagement score Instagram kamu bisa menurun. 

Pemicu Shadowban Instagram

Saat ini, terdapat banyak kecurangan yang dilakukan oleh oknum-oknum nggak bertanggung jawab di Instagram, contohnya beli followers, bikin bot komentar, dan bot likes yang bikin algoritma Instagram berubah. Nah, hal kayak gini termasuk ke dalam aplikasi pihak ketiga dan melanggar persyaratan layanan Instagram. Maka, Instagram bisa memblokir akun oknum tersebut secara otomatis. Selain itu, Instagram juga akan menghentikan aktivitas akun yang melanggar batasan harian jam Instagram, penyalahgunaan hashtag, dan pelaporan akun yang terjadi secara terus menerus.

Cara Mengatasinya

Tenang, jangan panik dulu. Kalau akun kamu mengalami hal serupa, sebaiknya kamu coba batasi dulu penggunaan Instagram. Mungkin kamu bisa ‘puasa Instagram’ minimal dua hari untuk memulihkan akun Instagram kamu. Lalu, kalau kamu pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti auto posting, auto likes, atau follow, coba kamu hentikan pemakaian aplikasi tersebut. Jalan terakhir untuk mengakhiri Shadowban Instagram adalah melaporkan masalahmu secara langsung dengan melalui fitur ‘Laporkan Masalah/Report a Problem’. 

Nah, sekarang udah mulai paham tentang Shadowban Instagram kan? Untuk menghindari Shadowban, gunakanlah akun kamu dengan cara yang sehat dan bangun engagement secara jujur ya! Kalau mau tahu informasi lainnya tentang tips Instagram, silakan kunjungi Instagram kami di sini, atau kunjungi website kami.

 

[super_form id=”14361″]

Post a Comment