Jangan Keliru Lagi! Ini Perbedaan Dropship dan Reseller

Dari waktu ke waktu sudah banyak peluang bisnis yang terbuka. Memungkinkan siapapun untuk memulai berbisnis dengan mudah dan mulai kapan saja. Tak heran jika kemudian banyak pebisnis baru bermunculan yang datang dari berbagai kalangan. Ditambah saat ini berbisnis bisa dilakukan tanpa harus memiliki modal, dengan dropship dan reseller. Jika kamu berencana ingin memulai bisnis namun masih terkendala modal? Dropship atau reseller bisa menjadi solusi! Namun sebelumnya, kamu perlu ketahui perbedaan dropship dan reseller. Simak artikel ini sampai tuntas.

Apa itu Dropship?

Dropship merupakan suatu proses penjualan yang mempermudah pemilik bisnis tidak perlu menyimpan stok barang yang ingin dijual. Dalam sistem dropship ini, si pemilik bisnis tidak harus memiliki tempat untuk stok barang. Jadi ketika ada yang pembeli yang memesan ke tokomu kamu bisa langsung memesankan barang pembeli ke supplier dan meminta supplier untuk mengirimkan langsung ke pembeli.

Apa itu Reseller?

Sebenarnya pada dasarnya dropship hampir mirip dengan bisnis konvensional dengan bantuan internet. Bedanya jika konvensional perlu menghadirkan fisik untuk keperluan stocking, namun  dengan reseller bisa dilakukan di internet. Sama halnya dengan dropship, reseller juga membutuhkan supplier barang. Namun bedanya, reseller perlu membeli barang ke supplier yang selanjutnya bisa kamu jual dengan brand sendiri.  

Keuntungan Dropship dan Reseller

Setelah tahu penjelasan dari dropship dan reseller. Baik dropship atau reseller keduanya memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing.

Keuntungan Dropship

Efisien waktu dan tempat

Kamu bisa memiliki waktu yang lebih efisien karena tak perlu mengurus stok produk dan mengantarkan produk.

Membangun kerjasama

Kamu bisa membangun kerjasama dengan banyak supplier secara bersamaan untuk mendapatkan stok barang yang lebih variatif.

Hampir tidak perlu modal

Dengan bisnis dropship, kamu hampir tidak memerlukan modal untuk stok barang dan pengemasan.

 

Keuntungan Reseller

Menentukan harga jual

Untungnya bisnis reseller kamu bisa menentukan harga jual sesuai keinginan sendiri

Belajar kelola uang

Kamu bisa belajar untuk mengelola keuangan karena sebelumnya kamu perlu membeli produk terlebih dahulu untuk kamu jual selanjutnya ke pembeli.

Memahami produk yang dijual

Tentunya kamu juga bisa jauh lebih memahami produk yang dijual karena secara langsung kamu tahu fisik dan kondisi barang tersebut.

 

Itulah penjelasan tentang dropship dan reseller juga dengan keuntungannya. Lalu metode mana yang akan kamu pilih itu bisnis? Apapun metodenya kamu harus konsisten dengan apa yang kamu jalani. Semoga bermanfaat!

Kamu pun bisa asah skill berbisnis sebelum terjun ke dunia bisnis bersama Online Course Digital Marketing School. Klik DI SINI untuk mengetahui info lebih seputar online course. 

Ikuti kami di Instagram @digitalmarketingschool.id untuk info seputar digital marketing dan bisnis.

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Field is required!
Field is required!
Field is required!

Post a Comment