Kenalan sama Lookalike Audience di Meta Ads

Kenalan sama Lookalike Audience di Meta Ads

Kalau kamu seorang digital marketer, pastinya kamu udah gak asing sama Meta Ads, kan? Nah, di Meta Ads ini ada fitur yang namanya Lookalike Audience. Meta Lookalike Audience ini bisa bantu kamu buat nyari audiens baru biar terpapar iklan dari brand kamu. Biar kamu lebih ngerti soal ini, baca artikel ini sampai beres, oke!

Apa itu Lookalike Audience?

Individuality concept among silhouettes

Jadi, Lookalike Audience itu audiens yang di-custom sama Meta buat jadi target promosi iklan yang kamu jalanin. Audiens ini itu audiens yang mirip sama audiens yang udah pernah terpapar sama iklan kamu sebelumnya.

Data yang diambil Meta buat nyari Lookalike Audience diambil dari kegiatan atau kebiasaan yang dilakuin sama audiens. Selain itu Meta juga ngambil informasi dari Facebook Pixel, aplikasi mobile, dan halaman Facebook yang diikuti audiens.

Dari data-data di atas Meta bakal nyari kesamaan sama audiens kamu sebelumnya. Terus Meta bakal nyebarin iklan kamu ke audiens yang paling cocok dan mirip satu sama lain. Pokonya Meta bakal nyebarin iklan kamu ke audiens yang punya potensi tinggi buat interaksi sama iklan kamu.

Keuntungan dari Lookalike Audience

Young muslim businesswoman blogger using mobile phone camera to recording vlog video live streaming review product at home office.

Mudah mendapatkan konsumen yang berkualitas

Kalau pakai ini, iklan yang kamu pasang bisa sampai ke lebih banyak orang baru. Pastinya bukan sembarang orang dong. Meta bakal milih audiens yang punya karakteristik yang sama kaya konsumen yang udah pernah interaksi sama produk kamu sebelumnya. Kalau kaya gini pasti iklan kamu bakal sampai ke orang yang punya ketertarikan sama produk yang kamu jual.

Ad spend lebih bermanfaat

Kalau bikin iklan pasti gak akan langsung sukses sekali jalan kan. Makanya kamu harus coba beberapa cara iklan di Meta buat tahu iklan yang kaya gimana yang paling bagus performanya. Nah ini bisa bantu kamu bisa coba beberapa target audiens dalam sekali iklan tanpa perlu kamu bikin beberapa campaign. Jadi ini gak perlu ngeluarin banyak budget iklan.

Efektif

Lookalike Audience bikin kamu gampang buat nyari target audiens yang cocok sama produk kamu. Karena kemungkinan mereka udah punya ketertarikan sama produk kamu, jadi kamu gak perlu nyari audiens lagi kalau misalnnya target audiens yang udah kamu tentuin ternyata gak cocok.

Cara buat Lookalike Audience di Meta

Meta Ads

  1. Masuk ke Meta Ads Manager terus buka pilihan Audience
  2. Pilih pilihan Create Audience terus pilih lagi Lookalike Audience
  3. Terus pilih lagi Lookalike Audience Source
  4. Kamu bisa custom audiens yang kamu mau sendiri. Biasanya ini diambil dari data dan informasi konsumen kamu sebelumnya.
  5. Pilih lokasi negara kamu buat cari konsumen yang mirip sama konsumen kamu sebelumnya.
  6. Pilih seberapa banyak audiens yang mau kamu tuju di Audience Size. Semakin kecil audiens yang kamu tuju, semakin mirip karakteristik mereka.
  7. Kalau udah lakuin tahap-tahap di atas, kamu tinggal klik Create Audience
  8. Udah, deh, Lookalike Audience kamu udah disetting. Biasanya butuh waktu 6-24 jam buat bikin ini.

Di atas adalah beberapa hal yang harus kamu tahu dari Lookalike Audience Meta Ads. Gimana, udah paham belum? Kalo kamu yang masih bingung soal urusan Meta Ads, social media marketing, dan digital marketing, Digital Marketing School solusinya! Disini kamu bisa ikut kelas-kelas yang buat meningkatkan pengetahuanmu tentang social media dan digital marketing. Daftar sekarang juga, ya!

Post a Comment