Kenapa Perlu Punya Marketplace Sendiri?

Menjadi seorang pengusaha dituntut harus peka terhadap perkembangan jaman, jeli memanfaatkan peluang, dan selalu berinovasi untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Dengan begitu diharapkan keuntungan yang dihasilkan bisa terus meningkat. Salah satu tren yang sedang berkembang sekarang ini adalah pemanfaatan media internet. Kini banyak masyarakat modern menggunakannya untuk berbagai keperluan, termasuk untuk berbisnis. Alasannya seiring waktu penggunanya semakin meningkat, sehingga banyak terdapat calon konsumen yang potensial.

Lalu keuntungan apa yang bisa didapatkan dengan membuat marketplace untuk online shop Anda?

Baca juga: Strategi Maksimalkan Fans Page Facebook untuk Berbisnis Tanpa Menggunakan Ads

1. Lebih Profesional, Bonafid dan Lebih Terpercaya

Keuntungan memiliki web atau situs toko online sendiri dapat meningkatkan kesan professional dan kepercayaan konsumen. Dari segi bisnis, orang yang memiliki rumah sendiri tentunya akan lebih dipercayai dibandingkan dengan orang yang ngontrak bukan? Apalagi yang dimiliki adalah web toko online dengan domain berbayar semacam .com atau .co.id.

2. Dapat Menentukan Alamat atau nama Domain Sendiri

Nama domain dalam sebuah situs sangat penting karena dapat menjadi kunci sukses dalam berbisnis online. Nama domain akan menaikkan branding produk dan profesionalitas bisnis online Anda, disamping itu nama domain atau alamat website juga sangat berpengaruh terhadap pencarian index google, jadi usahakan memilih nama domain yang berhubungan dengan bisnis anda dan mudah diingat.

Baca juga: Yakin Strategi Beli Follower Instagram Tepat untuk Berjualan di Online Shop Anda?

Bila Anda menggunakan situs marketplace dan Anda berhasil mendongkrak penjualan maka yang semakin kuat posisi brandingnya dan semakin terkenal adalah situs marketplace itu sendiri bukan Anda. Nama domain www.tokoonlineanda.com akan lebih terkesan professional dibandingkan www.marketplace.com/tokoonlineanda. Kebebasan dalam membuat nama domain yang tepat merupakan keuntungan memiliki toko online sendiri.

3. Kontrol Sepenuhnya Terhadap Website Toko Online

Dengan memiliki toko online sendiri maka Anda memiliki kebebasan dan kontrol penuh dalam pengaturan produk yang Anda jual tanpa campur tangan orang lain atau pihak lain. Anda dapat memaksimalkan fasilitas pada website Anda sehingga pangsa pasar produk Anda akan jauh lebih tertarget dengan demikian Anda semakin efektif dalam pengelolaan produk.

Baca juga: Ketahui Strateginya untuk Menjadi Seorang Pemimpin yang Berpengaruh dan Menginspirasi Tim

Anda memiliki kebebasan dalam menampilkan produk, deskripsi produk maupun katalog beserta harganya di website toko online Anda. Sementara bila menggunakan marketplace banyak sekali aturan yang harus Anda ikuti. Kontrol penuh pada pengelolaan produk dan segala pernak-perniknya merupakan keuntungan memiliki toko online sendiri.

4. Keamanan dan Kenyamanan Lebih Terjamin

Tutupnya sebuah marketplace atau situs jual beli secara tiba-tiba tentu akan sangat merugikan Anda sebagai pengelola toko online di dalamnya. Sudah banyak waktu dan tenaga yang Anda keluarkan untuk mengelola toko online di marketplace eh malah tutup. Anda tidak akan pernah tahu apakah suatu marketplace akan bertahan lama atau tidak. Berbeda dengan toko online sendiri, keamanan akan kelangsungan bisnis merupakan keuntungan memiliki toko online sendiri.

Baca juga: Pada Era Modern Masa Kini Kamu Pilih yang Mana, Toko Online VS Toko Offline?

5. Laporan Keuangan Secara Otomatis

Sebuah paket website toko online sudah memiliki fasilitas laporan keuangan otomatis sehingga bila Anda memerlukan laporan tersebut mudah saja tinggal diperoleh dengan hanya satu klik saja. Tentunya hal ini akan menjadi keuntungan memiliki toko online sendiri. Namun biasanya laporan keuangan kurang diperhatikan bagi sebagian pemilik web toko online. Biasanya mereka lebih mengutamakan fungsi utama dari web toko online itu sendiri sebagai media untuk usaha penjualan dan promosi online saja.

Untuk memiliki web toko online sendiri bisa ditempuh dengan berbagai cara, ada yang gratis ada yang berbayar. Yang gratisan misalnya dengan memanfaatkan blog di blogspot.com. Namun kalau pakai gratisan kesannya jadi gimana gitu.. masa toko online jual aneka produk yang berharga ratusan ribu tapi pakai Blog atau web gratisan. Bisa-bisa calon konsumen malah tidak percaya. Maka dari itulah sangat disarankan memakai yang berbayar saja, kesannya jadi lebih profesional dan meningkatkan brand awareness di mata konsumen.

Pelajari bagaimana cara membuat marketplace sendiri.

Post a Comment