Ketahui 3 Tahapan Iklan Agar Campaign Berjalan Optimal

Saat kamu lagi buka sosial media, pasti setidaknya akan ada satu atau dua iklan yang muncul. Kadang, beberapa iklan tersebut terasa mengganggu sampai kita ingin langsung skip aja. Tapi, ada juga iklan berhasil mencuri hati kita sampai rela nonton hingga detik terakhir. Nah, kira-kira kenapa ada iklan yang bisa berhasil menarik perhatian audiens, dan ada juga yang gagal? Ternyata, ada beberapa tahapan yang sebuah iklan lewati, yaitu pre, main, dan post ads. Penasaran sama tahapan iklan tersebut? Yuk baca selengkapnya di bawah!

Pre Ads

Pertama, tahapan pre ads. Di tahapan ini, sebuah brand akan membuat teaser iklan dari produk yang akan mereka launching. Tujuannya, untuk memancing curiosity alias rasa ingin tahu para audiens. Selain itu, tahapan iklan ini juga dapat memunculkan rasa antusiasme audiens untuk menunggu kelanjutan dari iklan tersebut. Teaser bisa menampilkan sedikit ‘bocoran’ produk terbaru atau kata kunci terkait produk yang akan segera brand rilis. 

Main Ads

Setelah merilis pre Ads, iklan tersebut akan masuk ke dalam tahap Main Ads, yaitu hari utama rilisnya sebuah produk. Di tahap ini, iklan bertujuan untuk menciptakan awareness kepada audiens agar mereka segera mengetahui informasi seputar produk terbaru. Dengan konsep yang menghibur, informatif, dan kreatif, iklan dapat menarik perhatian audiens dalam durasi yang singkat sekalipun.

Post Ads

Pada tahapan ini, sebuah brand akan mengeluarkan iklan berisi product knowledge dari produk yang baru mereka rilis. Tahapan iklan ini bisa menjadi pengingat bahwa mereka telah mengeluarkan produk baru, juga sebagai CTA (Call to Action) untuk mengajak audiens membeli produk tersebut. Jika brand aktif di sosial media, biasanya mereka juga akan menawarkan diskon spesial dan mengumumkan ketersediaan dari produk yang dirilis; apakah masih tersedia atau sudah sold out.

Ternyata cukup banyak tahapan iklan yang sebuah brand lalui dalam menjalankan kampanye ya! Untuk kamu yang memiliki bisnis dan tertarik menjalankan campaign, bisa ikuti tahapan di atas ya supaya campaign mu berjalan lancar dan sesuai target. Ingin tahu informasi lainnya seputar Digital Marketing? Silakan ikuti sosial media kami di sini atau kunjungi website kami ya!

Post a Comment