Ketahui Perbedaan SEO dan SEM Sebelum Terjun ke Digital Marketing

Digital marketing adalah suatu istilah yang merujuk pada cara-cara pemasaran secara digital. Istilah ini semakin populer karena semakin hari gaya hidup manusia semakin bergantung pada teknologi dan internet untuk hampir semua bidang kehidupan terutama bidang ekonomi. Ada beberapa istilah yang harus kamu ketahui sebelum terjun ke dunia digital marketing karena bisa saja hal ini bisa membantu kamu buat mengoptimalisasi page atau web yang kamu punya. Yuk, ketahui perbedaan SEO dan SEM!

SEO

Istilah SEO amat sangat populer di dunia digital marketing terutama pemasaran melalui website. SEO adalah kepanjangan dari search engine optimization. SEO ini berguna untuk mengoptimasi website yang kamu punya agar tampil di halaman teratas mesin pencarian seperti halnya Google. Cara kerja SEO adalah dengan mencocokan kata-kata kunci yang ada di halaman web kamu dengan apa yang dicari oleh orang-orang di mesin pencari. Misal ketika orang-orang memasukan kata kunci “Digital Marketing School” maka apabila beruntung website yang kamu punya akan berada di halaman pertama dan teratas pencarian. Menjadi website di halaman teratas pastinya mendatangkan banyak keuntungan karena biasanya orang-orang hanya akan membuka website tiga teratas di halaman pertama. 

SEM

SEM merupakan kepanjangan dari search engine marketing yaitu tools yang akan mengoptimasi website yang kamu miliki. SEM akan lebih meningkatkan visibilitas website yang kamu miliki dengan cara beriklan. Yap, SEO dan SEM sama-sama meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, tetapi SEM ini berbayar. Perbedaanya pun dapat dilihat ketika kamu mencari suatu kata kunci kemudian muncul website teratas. Apabila ada tulisan “iklan” atau “ads” maka sudah dipastikan website tersebut menggunakan SEM agar ada di pencarian teratas.

Lebih Baik SEO atau SEM?

Baik SEO dan SEM sama-sama bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas website yang kamu punya agar trafficknya selalu ramai. Namun tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. SEO memang gratis, tapi target untuk berada di pencarian teratas tentu memerlukan waktu yang cukup lama. Sementara itu, SEM bisa meningkatkan visibilitas website kamu secara instan karena kamu harus membayar layanan layaknya membayar iklan. Kekurangannya ketika kamu berhenti menggunakan SEM, kemungkinan website kamu juga tidak akan lagi menjadi website teratas. Berbeda dengan SEO yang mungkin bisa jadi pilihan jangka panjang agar website kamu tetap berada di peringkat teratas secara gratis.

Nah, sekarang kamu bisa mulai pilih-pilih apakah ingin menggunakan SEO yang gratis atau SEM yang berbayar untuk meningkatkan visibilitas web kamu. 

Kini kamu bisa upgrade skill berbisnis dengan daftar di online course Digital Marketing School, klik DI SINI untuk mengetahui info lengkapnya.

Instagram: @digitalmarketingschool.id

Subscribe

For More Digital Marketing Update
Nama Lengkap
Field is required!
Nomor Handphone
Field is required!
Email
Field is required!

Post a Comment