Konversi Penjualan Turun? 3 Tips Ini Akan Sangat Membantu Kamu

Konversi penjualan adalah istilah dalam dunia pemasaran mengenai seberapa banyak orang dari sekian banyak calon customer kamu yang melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang kamu punya. Semakin tinggi konversi tentunya semakin baik.

Tetapi, kalau penjualan buruk, mungkin ada yang salah dengan cara penyampaian produk kamu di akun bisnis atau ads yang kamu pakai. Tiga tips untuk membuat konversi penjualan tinggi ini bisa menjadi solusi kamu dalam mengatasinya.

Tonjolkan Solusinya, Bukan Produknya

Banyak yang berpikiran bahwa pemasaran berarti menjual produk atau jasa. Sebenarnya tidak keliru kalau kamu juga berpikiran begitu. Namun, untuk mendapat konversi penjualan yang tinggi sebaiknya kamu tonjolkan dan tanamkan dalam mindset adalah suatu bisnis itu menawarkan solusi, bukan barang.

Produk hanyalah barang, dan solusi adalah apa yang sebetulnya orang-orang butuhkan. Kamu menawarkan suatu solusi melalui produk yang bisnis kamu tawarkan.

Perluas Daya Tarik Produk Tanpa Hilang Fokus

Sebenarnya, melakukan pemasaran dengan cara fokus menonjolkan produk beserta fitur-fiturnya bukanlah kesalahan. Namun, sebelum memikirkan konversi penjualan ada baiknya untuk mengenali tahapan perjalanan seseorang ketika hendak melakukan pembelian suatu produk.

Pertama, jauh sebelum seseorang mengenal produk kamu, orang-orang akan menemui suatu problem dan mulai sadar akan itu. Tahap ini bisa kita sebut saja problem aware.

Kemudian seseorang tersebut akan mencari solusi akan problem yang orang tersebut temukan dan sadar mengenai apa solusi yang ia butuhkan, berarti tahap ini bisa kita sebut solution aware. Setelah itu, orang akan mencari produk yang bisa menjadi solusi atas problem-nya dan mulai membanding-bandingkan kira-kira produk mana yang lebih cocok dengan solusinya, yaitu tahap product aware.

Nah, kembali lagi ke paragraf awal. Tidak salah kalau memang ingin lebih fokus menonjolkan produk ketimbang solusi yang ditawarkan, tapi berarti dengan begitu kamu langsung melangkah ke tahapan wilayah customer yang product aware. Intinya, konversi penjualan kamu tidak akan efektif.

Jadilah Unik

Memiliki produk dengan fitur yang tidak dimiliki kompetitor kamu pastinya menjadi nilai plus. Tetapi, apakah hal itu bisa menjamin produk kamu akan terus unggul? Sedangkan fitur bisa saja dengan mudah para kompetitor kamu tiru.

Caranya yaitu dengan menjadi unik. Kamu perlu menggali lebih dalam mengenai apa kelebihan dari produk kamu yang akan sulit ditiru orang lain.

Pastinya akan sulit. Kamu perlu melakukan riset dan mengidentifikasi kebutuhan target pasar. Selain itu kamu perlu tahu kiat-kiat delivering produk agar terlihat unik yang bisa kamu pelajari melalui kelas Digital Marketing School.

Lewat Digital Marketing School kamu bisa mempelajari berbagai trik-trik menarik seputar penyampaian produk agar konversi penjualan bisnis kamu makin tinggi dengan cara bergabung bersama online class Copywriting for Social Media. Kamu bisa kunjungi www.digitalmarketingschool.id atau instagram kami untuk info lebih lengkapnya.

[super_form id=”14361″]

Post a Comment